Sambut Mahasiswa Baru Program Studi Magister Teknologi Informasi, Fasilkom UI Gelar Pengenalan Sistem Akademik Fakultas Tahun Ajaran Ganjil 2023/2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > News > Sambut Mahasiswa Baru Program Studi Magister Teknologi Informasi, Fasilkom UI Gelar Pengenalan Sistem Akademik Fakultas Tahun Ajaran Ganjil 2023/2024

Jakarta, 25 Agustus 2023 – Program studi Magister Teknologi Informasi (MTI) Fakultas Ilmu Komputer Universitas (Fasilkom UI) menggelar serangkaian agenda Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) semester ganjil tahun ajaran baru ganjil 2023/2024 di kampus UI, Salemba, Jakarta pada 15 – 25 Agustus 2023. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara luring, daring dan juga hybrid guna memberikan informasi kepada para mahasiswa baru terkait seluruh kegiatan akademik yang mencakup pengenalan mendalam mengenai hal yang bersifat administratif maupun teknis. 

Sebanyak 88 mahasiswa baru MTI mengikuti PSAF pada hari pertama 14 Agustus 2023 di kampus UI, Salemba, Jakarta. Pada sesi tersebut para mahasiswa diberikan pengenalan mengenai aspek akademik dan non-akademik oleh Koordinator Program Studi yaitu Ibu Betty Purwandari, Ph.D. Kemudian sesi berlanjut pada penjelasan aturan pelayanan akademik oleh tim sekretariat oleh Ibu Nurul Fitria Gandhi, S.E. beserta Bapak Fajar Yuni Wahyudi, S.T. Sesi masih berlanjut pada penjelasan mengenai perpustakaan yang dimiliki oleh MTI Fasilkom UI sebagai referensi penunjang belajar selama di MTI oleh Bapak Suwiryo, S.Kom dan juga penjelasan mengenai fasilitas lab IT yang dimiliki oleh MTI dipaparkan oleh Bapak Suganda. Terakhir adalah pemaparan terkait Fasilitas umum yang diwakili oleh Ibu Ika Widayanti, S.E.

Rangkaian agenda PSAF Prodi MTI Fasilkom UI 15-25 Agustus 2023 di kampus UI, Salemba, Jakarta

Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., yang turut hadir dalam sesi daring di hari pertama menyambut baik para mahasiswa baru MTI Fasilkom UI dan juga memberikan motivasi selama menempuh program pasca ini. “Animo masyarakat terkait lanjut studi ke program magister sangat tinggi. Salah satu kunci keberhasilan studi adalah terjalinnya kerja sama yang baik dari manajemen dan mahasiswa dalam koridor aturan yang ada. Kami telah memahami dan mencatat kebutuhan mahasiswa sehingga bisa menawarkan best practices yang membawa keberhasilan. Namun  dalam beberapa hal ada kebutuhan khusus sehingga bisa dikomunikasi kepada kami,” ungkap Dekan Mursanto.

Masuk pada hari kedua rangkaian kegiatan PSAF MTI tahun ajaran ganjil 2023/2024, 15 Agustus 2023, Koordinator Program Studi MTI, Ibu Betty Purwandari, Ph.D., memberikan penjelasan mengenai tugas kajian studi kasus serta pembagian kelompok. Di hari ke tiga pelaksanaan pada 16 Agustus 2023, PSAF Prodi MTI, Dr. Panca Hadi Putra memberikan materi tinjauan pustaka, penggunaan remote-lib dan reference management software Mendeley secara daring.  Para mahasiswa juga diajak untuk diskusi mandiri secara kolektif terkait pembekalan untuk pertemuan dosen Pembimbing Akademik (PA) pada 21 Agustus 2023 oleh Ibu Betty Purwandari, Ph.D.  

Pentingnya membuat karya tulis ilmiah menjadi suatu keharusan bagi mahasiswa MTI untuk dituntut mampu menulis dengan baik dan benar, baik itu karya ilmiah maupun konsultansi. Di hari keenam 22 Agustus 2023, sesi pemaparan disampaikan oleh alumni program MTI yaitu Bapak Ivan Lanin, M.T.I. yang membagikan beberapa kiat yang bersifat teknis kepada para mahasiswa agar secara efektif mampu membuat suatu karya tulis ilmiah. Di hari ketujuh dan delapan tepatnya pada 23-24 Agustus 2023, para mahasiswa berdiskusi dengan para asisten dosen sebagai persiapan presentasi tugas kajian studi kasus secara luring yang dilaksanakan di hari terakhir.