BRIN, Kominfo dan Fasilkom UI Jajaki Kolaborasi Strategi Pengembangan Riset Ekonomi Digital Kampus

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > BRIN, Kominfo dan Fasilkom UI Jajaki Kolaborasi Strategi Pengembangan Riset Ekonomi Digital Kampus

Depok, 15 Juni 2023 – Pusat Riset Ekonomi Industri, Jasa dan Perdagangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Direktorat Ekonomi Digital-Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) bersama Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) melakukan rapat pertemuan (FGD) kegiatan pengembangan riset kolaborasi mengenai ‘Model Peran Perguruan Tinggi dalam Ekonomi Digital melalui Pengembangan Talenta dan Hilirisasi Produk’ di Ruang Sidang Gedung Baru Fasilkom, Kampus UI, Depok. Kolaborasi pengembangan riset ekonomi digital ini juga nantinya akan menghasilkan model ekosistem digital di perguruan tinggi dan dapat merekomendasi kebijakan pengembangan ekonomi digital. 

Peneliti Pusat Riset Ekonomi Industri, Jasa dan Perdagangan BRIN, Indri Juwita Asmara, M.T.I, mengatakan bahwa terdapat dua permasalahan dalam menyiasati perkembangan ekonomi digital di perguruan tinggi, pertama kemampuan digital di perguruan tinggi dan juga produk digital di perguruan tinggi. 

Menanggapi hal tersebut Ahmad Gamal, Ph.D., selaku Direktur Inovasi dan Science Techno Park UI menegaskan bahwa pengembangan talenta ekonomi digital harus lebih banyak dilakukan oleh fakultas. “Fakultas punya banyak program, kita coba bagi-bagi, pengembangan keahlian, pengembangan keterampilan, itu harus terjadi di fakultas. Namun jika hal seperti inkubasi bisnis, itu sudah ranahnya kami. Yang belum terpegang yaitu mencari funding-nya, perlu adanya optimasi dalam tiap tahapan.” ungkapnya.

Kegiatan rapat pertemuan tersebut juga bermaksud membicarakan tahap pengumpulan data dan informasi terkait kondisi aktual ekosistem digital yang ada di perguruan tinggi Indonesia. Mulai dari tata kelola, program dan kebijakan serta infrastruktur yang mendukung pengembangan talenta digital dan hilirisasi produk. 

Koordinator Program Studi Magister dan Doktor Ilmu Komputer sekaligus perwakilan tim peneliti dari Fasilkom UI, Harry B. Santoso, Ph.D., menyampaikan, “Penelitian kolaborasi ini merupakan salah satu agenda penelitian strategis yang melibatkan tiga institusi (BRIN, Kementerian Kominfo, dan Fasilkom UI). Dalam penelitian ini Fasilkom UI mendukung dari sisi partisipasi tim peneliti pada Subtask 3 dan penyediaan infrastruktur TI yang dapat digunakan untuk pengumpulan dan analisis data, serta penulisan research articles sebagai salah satu bentuk keluaran penelitian.” 

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh beberapa jajaran pihak universitas, fakultas yakni, Dr. Badrul Munir (Direktur Kemahasiswaan UI); Daru Widya Kusumo., M.T.I (Direktur Sistem dan Teknologi Informasi UI), serta tim peneliti dari Fasilkom UI: Dr. Rizal Fathoni Aji; Imairi Eitiveni, Ph.D., dan Baginda Anggun Nan Cenka, M.Kom.