Jalin Kerjasama di Bidang Akademik, Fasilkom UI Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Leiden Institute of Advanced Computer Science Leiden University

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Jalin Kerjasama di Bidang Akademik, Fasilkom UI Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Leiden Institute of Advanced Computer Science Leiden University

Depok, 12 Juni 2023 – Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc. dan Dean Faculty of Science Leiden University (LU), Prof. Dr. Jan Knoester menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Agreement (MoA) antara Fasilkom UI dengan Leiden Institute of Advanced Computer Science (LIACS) LU bertempat di Gedung Faculty of Science, Leiden University, Belanda. 

Nota Kesepahaman ini dimaksudkan untuk menjalin kerjasama antar Fasilkom UI dan LIACS LU di bidang akademik dengan pendekatan yang interdisipliner saling menguntungkan bagi kedua institusi. Penandatanganan Nota Kesepahaman disaksikan Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA.

Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc. dan Dekan Faculty of Science Leiden University, Prof. Dr. Jan Knoester menandatangani MoA Fasilkom UI – LIACS disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA.

Berdasarkan prinsip saling menguntungkan, Dekan Mursanto menjelaskan kedua institusi sepakat untuk menjajaki kerjasama di beberapa area. “Nota kesepahaman ini memungkinkan Fasilkom UI dan LIACS LU untuk saling berbagi pengetahuan dan sumber daya satu sama lain dalam berbagai area,” ujar Dekan Mursanto. 

Ada pun area kerjasama yang dijajaki meliputi pertukaran  mahasiswa dan berbagai sumber daya seperti staf pengajar dan materi-materi pengajaran atau publikasi. Selain pertukaran sumber daya, kedua institusi juga sepakat mengeksplorasi kerjasama penelitian terkait topik-topik bidang ilmu komputer dan sistem informasi yang trending saat ini dan menjadi minat bagi Fasilkom UI dan LIACS LU. 

Di samping itu, juga terbuka kemungkinan kerjasama dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan akademik dan ilmiah lainnya seperti joint supervision, joint publication, konferensi internasional, simposium, seminar, dan kuliah umum. Fasilkom UI dan LIACS LU selanjutnya akan menindaklanjuti MoA yang sudah ditandatangani dengan mengembangkan kegiatan-kegiatan sebagai bentuk implementasi dari MoA.