Universitas Indonesia Juarai 3 Cabang Kompetisi IT di Ajang Arkavidia 8.0

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Achievements > Universitas Indonesia Juarai 3 Cabang Kompetisi IT di Ajang Arkavidia 8.0

Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) sukses meraih dominasi juara dalam kompetisi tahunan Teknologi Informasi (TI) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu Arkavidia 8.0 yang dilaksanakan pada 27 – 25 Februari 2023 dan diadakan secara hybrid. Kompetisi tersebut terdiri dari empat lomba, yakni Arkalogica (tingkat SMA), Competitive Programming, Datavidia dan UXvidia.

Mahasiswa Fasilkom UI jurusan ilmu komputer angkatan 2021, Bryan Tjandra mewakili kontingen UI mengatakan jika Fasilkom UI menjuarai tiga kategori cabang kompetisi Arkavidia 8.0 dari total 412 mahasiswa, 329 komite serta nama-nama perguruan tinggi lain, seperti, Universitas Gajah mada; Universitas Bina Nusantara;  Institut Pertanian Bogor; Universitas Brawijaya; Universitas Telkom; Institut Teknologi Sepuluh November ; dan Bunda Mulai 

“UI menjuarai tiga cabang kompetisi yaitu, programming, data science dan juga UX design. Lomba ini memang ditunggu-tunggu karena sangat challenging, selain itu kita juga bisa menambah teman baru dan sharing knowledge dengan teman-teman kampus lain. Intinya kita (Fasilkom UI) ingin coba outperform di kompetisi ini,” kata Bryan.  

Arkavidia 8.0 merupakan acara rutin tahunan yang selalu di ikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Dengan mengusung tema “adaptive collaboration to encounter digital disruption”, diharapkan dapat menyadarkan banyak individu akan hak dan kewajibannya di dunia digital sehingga dapat mewujudkan kemerdekaan digital bagi diri sendiri serta memberikan manfaat bagi sivitas akademika maupun masyarakat umum.

Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., juga mengapresiasi bahwa prestasi yang telah dicapai oleh para mahasiswa harus tetap dijaga. “Fasilkom mewakili UI harus menjadi pioneer dalam perubahan dan hal ini juga telah membuktikan bahwa Fasilkom sebagai unggulan di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi,” ungkap Dekan Mursanto. 

Berikut nama tim dan anggota kontingen UI yang meraih juara dalam ajang Arkavidia 8.0 tahun 2023:

Kompetesi Datavidia (Data Science) 

Juara 1: Three Neurons – Universitas Indonesia

  • Bryan Tjandra (IK’21)
  • Nyoo Steven Christopher Handoko (IK’21)
  • Made Swastika Nata Negara (IK’21)

Kompetisi Competitive Programming 

Juara 1: staq.py – Universitas Indonesia

  • Raden Fausta Anugrah Dianparama (IK’19)
  • Qonita Nur Iffat (SI’19)
  • Pikatan Arya Bramajati(IK’21)

Kompetisi UXVidia (UX Design) 

Juara 3: Fempire – Universitas Indonesia

  • Andini Putri Pramudya Wardani (IK’20)
  • Graciella Regina Indria Suwono (IK’20)