Fasilkom UI Jalin Kerjasama dengan Huawei Asean Academy terkait Penyusunan Buku Referensi Keamanan Cloud Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Fasilkom UI Jalin Kerjasama dengan Huawei Asean Academy terkait Penyusunan Buku Referensi Keamanan Cloud Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menerima kunjungan dari Huawei Asean Academy untuk rapat pembahasan lanjut kolaborasi penyusunan Buku Referensi Keamanan Cloud Indonesia yang dihadiri oleh perwakilan Huawei dan Politeknik Siber dan Sandi Negara pada tanggal 7 Februari 2023 bertempat di Gedung Lama, Fasilkom UI.

Dalam pertemuan perdana kerjasama penyusunan buku ini dihadiri oleh beberapa dosen dan peneliti yang terlibat di antaranya: perwakilan dari Fasilkom UI adalah  Ir. Setiadi Yazid, M.Sc., Ph.D., Ir. Dr. Petrus Mursanto, M.Sc. dan Bayu Anggorojati, S.T., M.Sc., Ph.D., sedangkan perwakilan dari Politeknik Siber dan Sandi Negara di antaranya adalah Dr. Amiruddin, S.Kom., M.T.I. dan Hermawan Setiawan, S.Si., M.T.I.

Kolaborasi ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan industri komputasi awan (cloud computing) yang sangat pesat tidak hanya dalam konteks global namun juga di Indonesia. Perkembangan industri ini diikuti dengan peningkatan kebutuhan atas informasi tentang keamanan di bidang cloud. Namun demikian rujukan yang berkualitas untuk informasi tersebut saat ini masih minim. Buku referensi ini diharapkan dapat dijadikan pegangan untuk pengguna ataupun penyedia layanan cloud di Indonesia, sehingga dapat membantu masyarakat agar merasa tetap aman dalam menggunakan layanan cloud.

Selain materi utama tentang keamanan cloud, beberapa hal nanti yang akan dituangkan dalam buku  ini yaitu memberikan gambaran ringkas tentang teknologi cloud serta perkembangannya di tahun-tahun yang akan datang. Selain itu akan dijelaskan juga tentang peraturan-peraturan dan standar internasional yang berlaku serta saran-saran bagi pengguna maupun bagi pembuat regulasi (pemerintah) dan penyedia layanan.

“Dalam hal ini tantangan untuk para dosen maupun peneliti adalah situasi industri maupun hukum mengenai teknologi informasi termasuk cloud di Indonesia sangat dinamis dan berkembang dengan cepat. Karena itu selain memahami keadaan di Indonesia, kami juga perlu mempertimbangkan perkembangan yang sudah terjadi di dunia internasional”, tutur Ir. Setiadi Yazid, M.Sc., Ph.D. yang juga merupakan pimpinan Center for Cyber Security and Cryptogaphy Fasilkom UI.