Fasilkom UI Selenggarakan Short Course Credit Earning Kolaborasi Internasional tentang Cryptography

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Fasilkom UI Selenggarakan Short Course Credit Earning Kolaborasi Internasional tentang Cryptography

Untuk membantu tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) nomor sembilan tentang industri, inovasi dan infrastruktur, Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) sebagai salah satu fakultas di UI mendukung sasaran strategis dan internasionalisasi UI dalam kancah internasional melalui program Universitas Indonesia Credit Earning Program for Students (UI-CREATES). Program UI-CREATES merupakan pendidikan jarak jauh dengan lingkup mata kuliah berkredit dalam bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh fakultas di UI dengan lingkup akademik, bahasa, budaya, interaksi antar mahasiswa, serta kunjungan virtual dengan perusahaan atau institusi terkait secara daring. Tujuan program UI-CREATES adalah untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing pada suatu program studi serta meningkatkan kapasitas dalam mengembangkan mata kuliah program singkat berbahasa Inggris. Program UI-CREATES yang berjalan di Fasilkom UI ini mengangkat tema ‘Introduction to Blockchain Technology’.  Program ini setara dengan 28 jam kuliah dan kegiatan belajar, mahasiswa yang berhasil mengikutinya akan memperoleh kredit dari UI sebanyak 2 SKS.

Manajer Kerjasama Pendidikan dan Riset Fasilkom UI, Dr. Eng. Laksmita Rahadianti, M.Sc., selaku PIC kegiatan UI-CREATES di Fasilkom mengatakan bahwa peserta program adalah mahasiswa dari universitas mitra asing yang sudah menjalin relasi dan kerjasama erat dengan Fasilkom UI yaitu, mahasiswa dari Faculty of Computer Science and Information Technology, Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia. Sebanyak 60 mahasiswa secara resmi telah terdaftar sebagai exchange student pada program ini. Ia juga menyampaikan jika program tersebut diawali dengan kegiatan pre-reading pada 5 September 2022 guna familiarisasi calon mahasiswa program UI-CREATES.

Kegiatan dilanjutkan dengan dilaksanakannya kuliah di berbagai topik per tanggal 10 Oktober 2022 yang disampaikan oleh para pakar di bidang cryptography dan cybersecurity Fasilkom UI yakni, Bapak M. Hafizhuddin Hilman, Ph.D; Bapak Bayu Anggorojati, Ph.D; Bapak Amril Syalim, Ph.D; dan Bapak Setiadi Yazid, Ph.D. Kegiatan belajar dilaksanakan secara daring sinkron maupun asinkron melalui sistem Student Center eLearning (SCeLE) Fasilkom UI. Program kemudian dilanjutkan dengan kegiatan assessment dan evaluasi pembelajaran melalui kuis dan project daring. Kegiatan ini juga dilaksanakan bersinergi dengan program UI CREATES >< A-B-I Goes to Campus berkolaborasi dengan Asosiasi Blockchain Indonesia (A-B-I). Program tersebut ini merupakan rangkaian kuliah tamu dari praktisi blockchain di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat melengkapi pemahaman mahasiswa dengan hal-hal praktis di industri.

Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc. menegaskan bahwa program UI-CREATES tidak hanya melibatkan kegiatan akademis, namun juga kegiatan budaya bagi mahasiswa. “Exchange day telah diselenggarakan dua kali yakni antara Faculty of Computer Science and Information Technology, Universiti Malaya dan Fasilkom UI pada 29 Oktober dan 5 November 2022. Tujuannya untuk meningkatkan kolaborasi dan kemitraan sebagai cultural exchange dan networking. Ini merupakan pengembangan dari kegiatan serupa tahun lalu dan direncanakan akan terus berkelanjutan di tahun-tahun mendatang dengan variasi program yang makin beragam”, tutup Dekan Mursanto

This page is also available in: English