Samsung Research Indonesia Ajak Fasilkom UI Kerjasama Riset AI dan Robotika

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Samsung Research Indonesia Ajak Fasilkom UI Kerjasama Riset AI dan Robotika

Dalam rangka program pengembangan penelitian perguruan tinggi dibidang kecerdasan artifisial (AI) dan robotika, Samsung Research Indonesia (SRIN) mengajak Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) untuk berkolaborasi. Agenda pertemuan SRIN dan Fasilkom UI berlangsung di Faculty Lounge, gedung baru Fasilkom UI, Depok pada Jum’at (22/07/2022). Pertemuan tersebut dihadiri oleh Dekan Fasilkom, Dr. Petrus Mursanto, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Ari Saptawijaya, Ph.D serta Guru besar Fasilkom UI, Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko bersama Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D dan Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D.

Head of SRIN Technology Group, Risman Adnan mengatakan kedatangan SRIN bertujuan mempererat hubungan baik dengan Universitas Indonesia di bidang ilmukomputer serta program pengembangan penelitiandi bidang AI dan robotika melalui Fasilkom UI.

“Kami dari SRIN ingin mengembangkan kapasitas yang lebih untuk masuk ke ranah AI dan robotics. Di samping itu kita sedang explore beberapa teknologi baru seperti block chain. Kami juga ingin memastikan bahwa SRIN memiliki kerja sama yang erat dengan universitas terbaik di tanah air yaitu Universitas Indonesia dalam bidang ilmu komputer. Maka dari itu tujuannya adalah kami ingin explore kerjasama lebih di sektor AI dan robotics,” kata Risman kepada Humas Fasilkom UI.

Menanggapi hal tersebut, Dekan Fasilkom UI mendukung kerja sama yang baik dari pihak SRIN, pasalnya program AI dan robotika merupakan hal penting yang perlu diterapkan dalam bidang ilmu komputer di perguruan tinggi hingga pendidikan tinggi. “Fasilkom UI mendukung kerja sama tersebut, karena program yang direncanakan SRIN sangatlah terhubung sekali dengan program Fasilkom UI maupun institusi lain. Topik yang ditawarkan pun menarik, terutama AI yang sudah menjadi spesialiasi Fasilkom UI di mana kita memiliki AI Center sehingga super komputer yang kita miliki akan sangat bisa terutilisasi secara optimal dengan berbagai program dari mitra seperti ini. Kami sangat mendukung sekali, menyambut baik apa yang ingin dikolaborasikan oleh SRIN,” kata Dr. Petrus kepada Humas Fasilkom UI saat dimintai keterangan.

Lebih lanjut ia juga menegaskan bahwa SRIN tertarik menjalin kerja sama program penelitian terhadap apa yang dimiliki serta dicapai oleh Fasilkom UI. Dalam pertemuan tersebut pihak SRIN turut dihadiri oleh jajaran petingginya yaitu, Youngmin Lee, Samsung Research – Global Research Outreach  (SR GRO)  – Vice President (VP) Research and Development (R&D) Strategy Team; Myoungtack Kim (SR GRO – R&D Strategy Team); Yash Yountaek Oh (Head of SRIN); In Jae Lee (Head of SRIN Operation Group) dan Erlangga Yudhanegara (Head of HR SRIN).