Doktor Fasilkom UI Teliti Masalah Prestasi Akademik Siswa, Cikal Bakal Big Data Pendidikan Tinggi Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Doktor Fasilkom UI Teliti Masalah Prestasi Akademik Siswa, Cikal Bakal Big Data Pendidikan Tinggi Indonesia

Program Doktor Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menyelenggarakan sidang terbuka promosi doktor dengan promovenda Sdri. Ariana Yunita secara daring pada Rabu (20/07/2022) pukul 13.00 WIB. Ia memaparkan bahwa tujuan penelitiannya yang berjudul “Analisis Data Prestasi Akademik Siswa Menggunakan Pembelajaran Mesin“ adalah untuk mengatasi masalah prediksi prestasi akademik mahasiswa dalam bidang learning analytics. Ia juga mengungkapkan bahwa penelitian tersebut ide utamanya adalah “Everything is Data” sehingga data dapat dikumpulkan, diproses, dan menghasilkan pola serta wawasan yang berarti bagi setiap pemangku kepentingan untuk pengambilan keputusan.

Disertasi dalam penelitian tersebut juga memiliki kontribusi utama menjadi the next big data pendidikan tinggi dan mengurangi angka dropout mahasiswa di Indonesia. “Kontribusi utama penelitian ini adalah membuat cikal bakal ekosistem big data pendidikan tinggi di Indonesia dengan menggabungkan fitur terkait mahasiswa dan juga institusi. Selain itu, penelitian ini juga mengusulkan metode untuk mengurangi angka dropout mahasiswa di Indonesia,” Ungkap Ariana dalam keterangan tertulis kepada Humas Fasilkom UI.

Ia memaparkan jika proses pengumpulan data diperoleh dari mahasiswa, institusi pendidikan berbagai sumber, hingga database pendidikan tinggi nasional. Tujuannya agar menghasilkan analisa faktor mahasiswa yang mana saja berkontribusi terhadap prestasi akademik. Ia juga menyebutkan bahwa faktor-faktor yang berkontribusi terhadap prestasi akademik siswa dari sisi teoritis didefinisikan sebagai delapan faktor: demografi, pembelajaran mandiri, teknologi, keterlibatan kursus siswa, sosial budaya, aktivitas di kelas, sistem pendidikan, dan kepribadian. Selanjutnya, dari sisi praktis, ia juga menyebutkan bahwa studi ini menghasilkan cikal bakal ekosistem big data pendidikan tinggi di Indonesia.

Sidang terbuka promosi doktor tersebut dipimpin oleh Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto selaku Ketua Pimpinan Sidang dengan promotor Bapak Harry Budi Santoso, Ph.D. dan ko-promotor Prof. Dr. Zainal Arifin Hasibuan beserta Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko. Hadir pula empat orang penguji, yaitu Bapak Wahyu Catur Wibowo, Ph.D. selaku ketua penguji; Dr. Yaya Heryadi; Dr. R. Yugo Kartono Isal; dan Dr. Kasiyah.

Hasil penelitiannya juga menunjukkan bahwa ada suatu kapabilitas untuk memprediksi prestasi akademik mahasiswa. “Penelitian ini menghasilkan delapan faktor mahasiswa yang diambil dari literatur dan juga menghasilkan cikal bakal ekosistem big data pendidikan tinggi di Indonesia. lalu penelitian ini juga menghasilkan tujuh profil mahasiwa yang di-generate dari big data ekosistem dengan mengusulkan metode untuk membuat early warning system melalui pendekatan big data. Dan hal tersebutlah menghasilkan cikal-bakal strategi intervensi,” kata Ibu tiga anak  tersebut dalam sidang terbuka promosi doktor Fasilkom UI.

Terkait rekomendasi masukan terhadap penelitiannya ada beberapa poin seperti kolaborasi riset dengan bidang ke ilmuan lainnya, melakukan pemutakhiran serta perbaikan terhadap temuan yang telah dihasilkan dan membangun early warning system dari berbagai macam sumber data untuk konteks lainnya, semisalnya konteks program studi maupun konteks institusi. Sdri. Ariana tercatat sudah menerbitkan dua artikel jurnal Q1 dan dua makalah yang dipaparkan dalam konferensi internasional. Ia meraih predikat kelulusan cumlaude usai dinyatakan lulus oleh Ketua Pimpinan Sidang sebagai lulusan Doktor Ilmu Komputer ke-101 Fasilkom UI.