Fasilkom UI Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Jelang Konferensi Internasional Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Announcement > Fasilkom UI Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Jelang Konferensi Internasional Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) sebagai salah satu institusi pendidikan dan riset terbaik ilmu komputer menggelar pelatihan penulisan karya ilmiah (coaching clinic) jelang konferensi internasional di bidang ilmu komputer dan sistem informasi, yaitu International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) yang ke-14 dan International Workshop on Big Data and Information Security (IWBIS) yang ke-7.

Pelatihan penulisan karya ilmiah jelang ICACSIS & IWBIS 2022 ini dipandu oleh tiga orang pemateri atau coaches dari Fasilkom UI yaitu, Bapak Adila Krisnadhi, Ph.D. (bidang data science dan artificial intelligence); Dr. R. Yugo K. Isal, (bidang algoritma dan kompresi teks); dan Dr. Panca Hadi Putra (sistem informasi dan e-learning). Acara ini diselenggarakan secara virtual tanpa dipungut biaya. Tujuan dari pelatihan penulisan karya ilmiah ini untuk memfasilitasi calon partisipan ICACSIS 2022 dan IWBIS 2022 yang sedang menjalani proses penyusunan penulisan karya ilmiah baik dari segi perumusan masalah, metode penelitian serta teknis penulisan. Pelatihan ini dilaksanakan di dalam beberapa breakout rooms secara paralel sesuai bidang minat partisipan, baik ilmu komputer maupun sistem informasi.

Dr. Yugo Isal dalam Coaching Session via Zoom (08/07)

Perlu diketahui, ICACSIS merupakan konferensi internasional bidang ilmu komputer dan sistem informasi terbesar di Indonesia dengan menghadirkan para ilmuwan, peneliti, professional serta para pakar dari dalam maupun mancanegara untuk menunjukan perkembangan teknologi dan inovasi terkini. Tercatat pada penyelenggaraannya tahun lalu, selain pemaparan karya ilmiah, acara tersebut juga mencakup sesi focus group discussion yang membahas berbagai tren teknologi terkini seperti teknologi pertahanan, keamanan siber, dan informatika kesehatan. Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 500 peserta yang  sedikitnya merepresentasikan delapan negara seperti Malaysia, India, Taiwan, Jepang, Prancis, Italia, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Pada edisi tahun ini ICACSIS 2022 dan IWIBIS 2022 akan diselenggarakan secara virtual oleh Fasilkom UI pada tanggal 1-3 Oktober 2022. Fasilkom UI mengundang peneliti dan akademisi untuk dapat memaparkan karya ilmiah yang berisi kontribusi baru tentang teori, metodologi, dan aplikasi praktis di bidang ilmu komputer dan sistem informasi. Untuk informasi lebih detail silahkan kunjungi website: icacsis.cs.ui.ac.id dan iwbis.cs.ui.ac.id