Karsa Bersatu demi Indonesia Maju di Dies Natalis ke-35 Fasilkom UI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Karsa Bersatu demi Indonesia Maju di Dies Natalis ke-35 Fasilkom UI

Kamis (28/10/2021) Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI) menggelar perayaan Dies Natalis ke-35 secara daring. Acara yang bertajuk Karsa Bersatu demi Indonesia Maju ini berlangsung selama tiga jam dan dapat diakses di laman Youtube resmi Fasilkom UI.

Kegiatan dies natalis dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian acara, yaitu: Industry Talk (20 Oktober 2021), seminar teknologi terbaru; The 13th International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) dan The 6th International Workshop on Big Data and Information Security (IWBIS) pada 23-26 Oktober 2021; Virtual Exhibition (2-28 Oktober 2021), menampilkan seluruh produk laboratorium riset, aktifitas mahasiswa Fasilkom UI, dan Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom).

Perayaan puncak Dies Natalis (28 Oktober 2021) Fasilkom UI menampilkan film musikal Sangkuriang bertajuk KARSA BERSATU ‘Kreasi Artistik Sinema Musikal Berbantuan SIBI bagi Tunarungu’ yang penayangannya memadukan penggunaan teknologi yang dapat merangkul tunarungu. Teknologi ini merupakan buah karya riset dari tim dosen Fasilkom UI, Dr. Ir. Erdefi Rakun, M.Sc. Teknologi yang digunakan adalah sebuah aplikasi bernama KIBI, penerjemah teks bahasa Indonesia menjadi gerakan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia), yang mampu menterjemahkan dialog dan lirik lagu-lagu yang dibawakan oleh para aktor/penyanyi ke dalam sebuah animasi tiga dimensi. 

Dalam menerjemahkan teks menjadi gerakan SIBI, terdapat dua proses yaitu membangun basis data seluruh gerakan SIBI yang ada di kamus yang menyimpan koordinat jari-jari dan sendi gerakan, lalu selanjutkan dilakukan analisa input kalimat yang dibreakdown menjadi komponen kalimat yang sesuai dengan standar yang berlaku pada SIBI.

Berdiri pada tahun 1986, Fasilkom UI berawal dari program  pendidikan sarjana Ilmu Komputer yang didirikan pada tahun, lalu kemudian menjadi fakultas pada tahun 1993. Saat ini Fasilkom UI memiliki dua program studi sarjana, dua program studi magister, dan satu program program doktor.

Demi mewujudkan Indonesia maju dan pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia, Fasilkom UI turut menyukseskan program kampus merdeka belajar dengan memberikan pelatihan bagi mahasiswa bukan UI dan masyarakat luar melalui program massive open online course (MOOC)  di bidang ilmu komputer dan sistem informasi. Pada program ini Fasilkom UI menawarkan 16 matakuliah pada jenjang Sarjana dan Magister.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., menyampaikan harapannya untuk Fasilkom UI yang merayakan dies natalis ke-35 tahun untuk terus berkomitmen mencetak sumberdaya TIK yang siap pakai dengan wawasan keilmuan yang mumpuni, soft skill yang menjanjikan dengan kemampuan kewirausahaan yang lebih maju. 

“Fasilkom UI diharapkan menjadi fakultas terdepan dalam bidang riset dan pengabdian masyarakat dengan menciptakan karya-karya yang inovatif, unggul, dan orisinil yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat dan industri dengan menghadirkan solusi-solusi jitu bagi problematika sekitarnya.” Jelas beliau dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Pejabat Dekan Fasilkom UI, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K), dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada sivitas akademika Fasilkom UI yang telah memberikan dedikasi yang tulus sehingga Fasilkom UI dapat terus berkembang dan menuai banyak prestasi hingga saat ini.

“Kita adalah bagian dari inovasi bangsa, manusia dengan penuh harapan dan cita-cita yang mampu memajukan Indonesia. Dengan ketekunan, semangat, berfikir positif, dan menyatukan langkah, mari kita wujudkan mimpi Fasilkom UI untuk semakin unggul dalam keilmuan dan menjadi teladan bagi generasi penerus.” ujarnya menambahkan.

Ia berharap, di masa depan Fasilkom UI akan terus menghasilkan generasi bangsa yang tidak hanya pintar, namun juga dapat berkontribusi bagi bangsa sesuai dengan nilai-nilai khas UI yang sudah ditanamkan sejak dini di bangku perkuliahan.

This page is also available in: English