Fasilkom UI Luluskan Tujuh Mahasiswa Program Doktor Selama Agustus 2021

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Luluskan Tujuh Mahasiswa Program Doktor Selama Agustus 2021

Selama bulan Agustus ini, Fasilkom UI telah meluluskan tujuh mahasiswa doktor ilmu komputer melalui sidang promosi doktor yang dilakukan secara daring. Apa saja sih penelitian telah mereka kembangkan?

1. Dr. Shidiq Al Hakim
Melalui disertasinya beliau membuat model konseptual smart knowledge mapping dan prototipe penelusuran peneliti dalam bentuk konten peta pengetahuan, yang berisikan informasi seperti knowledge peneliti, lokasi knowledge (institusi) dan konten knowledge yang bersumber dari artefak-artefak pengetahuan. Sehingga industri dapat dengan mudah memperoleh informasi SDM peneliti melalui aplikasi tersebut.

2. Dr. Ati Suci Dian Martha
Lulusan program Doktor Ilmu Komputer Fasilkom UI ke-88, berhasil mempertahankan disertasinya pada sidang promosi doktor dengan kajian mengenai model agen pedagogis dengan pendekatan integrasi scaffolding (perancah) metakognitif dan motivasi dalam konteks e-learning perguruan tinggi

3. Dr. Ika Alfina
Dr. Ika Alfina mengembangkan pedoman anotasi, treebanks, dan tree rotation method yang sesuai dengan Universal Dependencies v2 untuk Parsing Dependency Indonesia. Berkat penelitiannya, beliau diberikan gelar Doktor Ilmu Komputer ke-91 dengan predikat cumlaude.

4. Dr. Ni Made Satvika Iswari
Doktor lulusan ke-90 Fasilkom UI ini mengembangkan arsitektur Platform E-Business berbasis karakteristik organisasi dengan studi kasus usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia.

5. Dr. Ario Yudo Husodo
Pada sidang promosinya, beliau menjelaskan penelitiannya mengenai koordinasi pergerakan kawanan drone pertahanan berbasis algoritma social spider optimization dalam menangani serbuan drone penyerang berkelompok. Hasil penelitian ini berhasil menjadikan beliau sebagai lulusan Doktor Ilmu komputer ke-91 Fasilkom UI.

6. Dr. Nanang Husin
Dr. Nanang Husin mengembangkan marketplace musik digital dengan sifat barang fisik sebagai fondasi yang ditujukan untuk untuk konsumen, artis pencipta, dan pihak label, dengan menggunakan framework design science research.

7. Dr. Risman Adnan
Melalui sidang promosinya, Dr. Risman menjelaskan mengenai penelitiannya dengan kajian stabilitas dan konvergensi pelatihan Sinkhorn GAN dengan algoritma Stochastic Gradient Descent-Ascent. Beliau berhasil mempertahankan disertasinya di depan dewan penguji dan resmi menjadi lulusan doktor ilmu komputer ke-93 Fasilkom UI.