Lulusan Doktor Fasilkom UI Kembangkan Rancangan Platform E-business untuk UMKM Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Lulusan Doktor Fasilkom UI Kembangkan Rancangan Platform E-business untuk UMKM Indonesia

Dr. Ni Made Satvika Iswari, lulusan doktor ilmu komputer Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI) ke-90, mengembangkan sebuah rancangan platform e-business untuk organisasi khususnya UMKM yang lebih fleksibel dengan kebutuhan sesuai karakter oraganisasinya. Rancangan aplikasi ini dapat digunakan secara optimal mengingat beragamnya karakter organisasi maupun UMKM.

Penelitian yang dipromotori oleh Prof. Dr. Ir. Eko Kuswardono Budiardjo M.Sc. serta diko-promotori oleh Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan MLS., Ph.D., dan Harry Budi Santoso S.Kom., M.Kom., Ph.D. ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari Model Konseptual Penggunaan E- Business oleh UMKM yang sebelumnya telah diteliti oleh Dr. Panca Hadi Putra.

Melalui sidang promosi doktornya, Dr. Vika menjelaskan, ”Rancangan platform e-business dibangun dengan menggunakan framework Software Product Line Engineering (SPLE). Demi memfasilitasi karakteristik organisasi yang sangat beragam, digunakan pendekatan machine learning untuk menentukan kebutuhan UMKM terhadap aplikasi e-business.”

Pada proses pengembangannya, data UMKM yang diperlukan dikumpulkan melalui survei terhadap 115 UMKM yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. Berdasarkan evaluasi, rancangan platform e- business yang dihasilkan bersifat loosely coupling agar memudahkan dalam proses kustomisasi sesuai dengan kebutuhan,keterikatan antara operasi-operasi dalam suatu servis aplikasi yang tinggi, dan kesederhanaan rancangan arsitektur platform. 

Penggunaan e-business untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan investasi Teknologi Informasi yang penting untuk menentukan pengembangan fungsional dan perolehan keuntungan sebuah organisasi organisasi. Hadirnya E-business, memungkinkan untuk pertumbuhan bisnis, persaingan yang efektif, dan inovasi dalam UMKM. Namun, UMKM sering kali enggan untuk mengadopsi e-business karena kurangnya kemampuan manajerial TI. Padahal, UMKM memainkan peran yang vital dalam perekonomian suatu negara karena kontribusinya yang signifikan dalam hal output, export, dan tenaga kerja.

Dengan adanya rancangan aplikasi ini, diharapkan UMKM dapat menggunakan aplikasi e-business yang sesuai dengan karakteristik organisasinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan adopsi e-business pada organisasi, khususnya UMKM di Indonesia.

Dr. Ni Made Satvika Iswari berhasil mempertahankan disertasinya pada sidang promosi doktor yang dilaksanakan pada 5 Agustus 2021 secara daring melalui Zoom. Sidang promosi diketuai oleh Dr. Petrus Mursanto dengan tim penguji yang terdiri dari Prof. Drs. Ec. Ir. Riyanarto Sarno, M.Sc., Ph.D., Ir. Bob Hardian, M.Kom., Ph.D., Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc., Ir. Wahyu Catur Wibowo M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko S.T., M.Kom.