Fasilkom UI Kenalkan Mahasiswa Baru Sistem Perkuliahan & Kegiatan Kampus melalui PSAF

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Kenalkan Mahasiswa Baru Sistem Perkuliahan & Kegiatan Kampus melalui PSAF

Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) 2021 beserta rangkaian Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) untuk Program Sarjana telah berlangsung pada tanggal 2, 3 dan 4 Agustus 2021. Kegiatan ini dibuka oleh Pejabat Dekan Fasilkom, Dr. Petrus Mursanto, secara daring melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan PSAF Fasilkom UI diisi dengan sejumlah sesi antara lain: Seminar Interaksi Bermakna dalam PJJ oleh Dr. Kasiyah; Seminar Manajemen Stres oleh Dr. Erdefi Rakun; Etika, Integritas sebagai Mahasiswa oleh Lim Yohanes Stefanus, Ph.D.; dan Talkshow tanya jawab akademik dan kurikulum yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Ari Saptawijaya, Ph.D; Ketua Program S1 Ilmu Komputer, Amril Syalim, Ph.D.; dan Ketua Program S1 Sistem Informasi, Dr. Indra Budi.

Selain kegiatan tersebut di atas, mahasiswa baru juga diajak bertemu secara virtual dengan dosen pembimbing akademik yang akan menjadi pembimbing dan tempat mahasiswa berkonsultasi mengenai rencana pendidikan selama menempuh pendidikan di Fasilkom UI. Selanjutnya, mahasiswa baru juga diberi penjelasan singkat mengenai sejumlah fasilitas kampus yang disampaikan oleh departemen Fasiltas Umum Fakultas, ITF, dan perpustakaan. 

Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Fasilkom UI, Dr. Dina Chahyati, menjelaskan, “PSAF bertujuan untuk mengenalkan peraturan akademik, kurikulum, berbagai fasilitas yang ada di fakultas, serta kegiatan-kegiatan kemahasiswaan seperti organisasi dan unit kegiatan olahraga/seni. Terdapat tiga seminar yang diadakan agar mahasiswa lebih siap menjalani kegiatan perkuliahan, yaitu seminar mengenai Integritas dan Kejujuran Akademik, Berinteraksi yang Bermakna dalam Forum Diskusi Online dan Manajemen Stres.” 

“Kami berharap para mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang memiliki integritas, mampu berkomunikasi dengan baik dalam kegiatan PJJ, dan dapat mengatasi tekanan maupun rintangan yang dihadapi selama berkuliah di Fasilkom,” jelas Dipta Tanaya, S.Kom., M.Kom. menambahkan.