Open House Pascasarjana Fasilkom UI Sosialisasikan Program Pendidikan Hingga Laboratorium dan Pusat Penelitian

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Open House Pascasarjana Fasilkom UI Sosialisasikan Program Pendidikan Hingga Laboratorium dan Pusat Penelitian

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) melaksanakan Open House Pascasarjana (OH Pascasarjana) pada hari Rabu, 30 Juni 2021. Kegiatan ini diresmikan oleh Dr. Petrus Mursanto selaku Pejabat Dekan Fasilkom UI. Webinar ini diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia secara virtual melalui aplikasi Zoom. Selain dapat mengenali lebih dekat program pendidikan pascasarjana Fasilkom UI, peserta juga dapat bertemu dari dosen dan peneliti berbagai bidang kepakaran ilmu komputer Fasilkom UI.

OH Pascasarjana ini diselenggarakan untuk mengakomodasi calon mahasiswa magister dan doktoral agar mengenal lebih dalam lagi mengenai program magister teknologi informasi (MTI), magister ilmu komputer (MIK), program doktoral ilmu komputer (DIK), laboratorium, pusat penelitian, penelitian-penelitian yang telah dilakukan, informasi publikasi imliah, dan fasilitas lainnya selama menjadi mahasiswa pascasarjana Fasilkom UI.

Mengenal lebih dekat program MTI, MIK, dan DIK beserta riset Fasilkom UI

Webinar dilaksanakan menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Sesi Pagi dimoderatori oleh Dr. Panca Hadi Putra dengan narasumber Ibu Betty Purwandari, Ph.D. Selaku ketua program MTI, beliau menjelaskan mengenai program pendidikan MTI dan ilmu terapan lainnya di bidang TI yang diajarkan program ini. Setelah itu beliau melanjutkan memoderatori mengenai program MIK dan DIK yang disampaikan oleh Dr. Harry Budi Santoso yang merupakan ketua program MIK dan DIK Fasilkom UI. Selanjutnya dosen dan peneliti dari setiap lab-lab Fasilkom UI mengulas program dan penelitian dari setiap bidang kepakaran mereka. Di antara dosen dan peneliti yang hadir pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Eko K. Budiardjo, Prof. Dana Indra Sensuse, Ph.D.,  Bapak Setiadi Yazid, Ph.D.; Dr. Kasiyah Junus; Dr. Erdefi Rakun; Dr. Putu Wuri Handayani; dan Dr. Indra Budi.

Adapun aktivitas riset yang berjalan tersebut dilakukan oleh tujuh lab riset, yakni; Reliable Software Engineering; Digital Library & Distance Learning; Computer Architecture, Networking & High Performance Computing; Machine Learning and Computer Vision; Information Retrieval; Information Management; E-Government and E-Business

Selanjutnya pada sesi siang dilanjut dengan pemaparan riset dan pengabdian masyarakat oleh Bapak Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D. Pada kesempatan ini, sebagai Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Fasilkom UI, beliau menjelaskan tempat publikasi yang disediakan fakultas, konferensi internasional seperti ICACSIS dan IWBIS beserta jurnal-jurnal seperti Jurnal Ilmu Komputer dan Informasi (JIKI) dan Jurnal Sistem Informasi (JSI) untuk memfasilitasi mahasiswa pascasarjana dalam rangka memenuhi kewajiban publikasi ilmiah selama menempuh pendidikan di Fasilkom UI.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Fariz Darari selaku Co-Director Tokopedia-UI Artificial Intelligence Center of Excellence turut mengulas mengenai penelitian-penelitian kecerdasan artifisial yang sedang dikembangkan saat ini.Setelahnya Bapak Setiadi Yazid, Ph.D. memperkenalkan pusat penelitian Center for Cyber Security & Cryptography dan bidang-bidang penelitian di bidang tersebut.