Dosen UI Kembangkan Game Gareng-Petruk untuk Dukung Pembentukan Karakter Anak Gen Z

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Dosen UI Kembangkan Game Gareng-Petruk untuk Dukung Pembentukan Karakter Anak Gen Z

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (Pengmas UI) mengembangkan Game Punakawan Z, sebuah game edukatif dan kreatif yang diperuntukkan bagi anak-anak generasi Z. Tim ini merupakan kolaborasi multidisiplin ilmu yang terdiri dari dosen Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI, Daya Adianto, M.Kom.; Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI, Dr. Ike Iswary Lawanda; beserta enam orang mahasiswa UI. Game ini mengemas ulang cerita Gareng Petruk di mana merupakan bentuk dukungan terhadap pembentukan karakter anak sesuai nilai Pancasila dan budaya Indonesia, dengan menyesuaikan selera dan minat anak generasi Z (mereka yang lahir pada usia 1995 – 2010).

“Game Punakawan Z merupakan jalan pembentukan karakter yang sarat dengan pembelajaran dan penanaman karakter menggunakan sarana yang kreatif dan inovatif, tanpa instruksi yang otoritatif. Anak memilih peran dan mengetahui risiko atas pilihannya sendiri,” kata Dr. Ike.

Menurut Dr. Ike, anak-anak generasi Z adalah anak yang dekat dengan penggunaan gadget. Gadget sangat bersinggungan erat pada setiap aspek kehidupan sang anak. Di sisi lain, gadget juga turut menghambat anak-anak untuk belajar berinteraksi sosial dengan keluarga maupun lingkungan sosial, yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak.

Dalam pengembangannya, tim juga melibatkan anak-anak untuk mengevaluasi game dan komik tersebut seperti tampilan visual dan ceritanya. Hal itu dilakukan untuk memberikan pengalaman bermain dan mambaca yang sesuai dengan selera anak-anak, pola pikir, dan gaya hidup mereka.

Dr. Ike melanjutkan, “Game Punakawan Z mengakomodasi tujuan kegiatan pengmas, sekaligus memenuhi tuntutan manusia dalam mencari kesenangan, dan bila tidak berhasil mencapainya manusia akan mencari sesuatu yang lain lagi. Tindakan manusia mencari kesenangan adalah kodrat alamiah. Pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan dan peradaban manusia yang terus berkembang. Hal ini sejalan dengan pembawaan manusia yang memiliki potensi kreatif dan inovatif.”

Game Punakawan Z dapat diakses di: http://play.google.com/store/apps/details?id=id.ac.ui.punakawan.

Sementara, versi komik dapat diakses di: https://www.webtoons.com/id/challenge/punakawan-z-gareng-petruk-berlaga/list?title_no=512289

Sumber: Siaran pers Humas UI