Fasilkom UI Luncurkan Maskot Exe RoboBear

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Luncurkan Maskot Exe RoboBear

Bertepatan dengan perayaan puncak Dies Natalis ke-34, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) meluncurkan secara resmi maskot fakultas yang berbentuk beruang putih. Beruang putih ini diberi nama Exe RoboBear yang didesain oleh mahasiswa program studi sarjana Sistem Informasi angkatan 2019, Ikhsan Abdillah.

Bentuk beruang dipilih karena dianggap merepresentasikan nilai-nilai yang ingin ditanamkan ke mahasiswanya, yaitu sosok yang tangguh, lincah, adaptif, cerdas, namun juga memiliki empati serta peduli sesama. Ikhsan menjelaskan, “Saya ingin maskot Fasilkom dapat merepresentasikan perilaku, dan simbol dari tujuan dan harapan sivitas Fasilkom UI. Maka dari itu saya pilih beruang karena mereka dikenal sebagai mamalia yang memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan hewan lain, mereka memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik dengan lingkungannya untuk bertahan hidup, dan mereka juga dikenal sebagai hewan yang peduli dengan sesamanya.”

Tangkapan layar saat peluncuran maskot Exe RoboBear di perayaan puncak Dies Natalis ke-34 Fasilkom UI

Dalam proses desain yang memakan waku tiga minggu tersebut Ikhsan terinspirasi dari desain karakter animasi. Dia Bahkan melakukan riset terhadap beruang, seperti anatomi, dan karakteristik binatang tersebut. Sehingga terciptalah maskot dengan filosofinya yang khas.

Saya banyak terinspirasi dari desain karakter-karakter animasi, dari segi tampilan, sifat, hingga hubungan dengan filosofi aslinya. Dari hal tersebut saya mencoba mengaplikasikannya dalam proses saya mendesain karakter maskot untuk Fasilkom UI,” terang Ikhsan.

Sedangkan untuk penamaan Exe RoboBear ini diberikan oleh Koordinator Humas Fasilkom UI, Dr. Panca Hadi Putra. Penamaan tersebut diambil dari istilah Executable yang dalam istilah ilmu komputer adalah program yang dapat dijalankan oleh komputer.

Nama Exe diambil dari istilah Executable. Di dalam ilmu komputer, executable adalah (dari file atau program) yang dapat dijalankan oleh komputer. Kadang executable ini dipanggil juga executable code atau executable binary dengan bermacam-macam file format seperti .exe, .app, dan lain-lain”, beliau menjelaskan.

Ikhsan Abdillah, Mahasiswa Program Sarjana Prodi Sistem Informasi 2019, pendesain maskot baru Fasilkom UI

Dalam keterangannnya Ikhsan juga menambahkan, “Melalui maskot ini saya berharap Fasilkom UI dapat menjadi insan cerdas yang berilmu, mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, dan juga peduli dengan keluargannya, layaknya seekor beruang.”

Viva viva viva Fasilkom UI!

Leave a Reply