Dies Natalis ke-34: Momen Fasilkom UI Maju dengan Inovasi, Kreativitas, dan Produktivitas

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Dies Natalis ke-34: Momen Fasilkom UI Maju dengan Inovasi, Kreativitas, dan Produktivitas

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-34, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menyelenggarakan acara puncak perayaan hari jadi Fasilkom UI pada 28 Oktober secara virtual. Selain itu, untuk memeriahkan perayaan diadakan pula rangkaian acara, seperti webinar, lomba kreativitas yang diikuti oleh sivitas akademika.

Di samping itu, perayaan puncak ini merupakan sebuah tribute kepada (alm.) Dr. Mirna Adriani, Dekan Fasilkom UI periode 2017-2021) yang tutup usia pada 15 Juli 2020. Uluwatu Orchestra dan tim mempersembahkan drama musikal bertajuk “Highlight Musikal Gita Cinta”.

Kegiatan dies natalis juga sekaligus sebagai momen peluncuran desain laman baru Fasilkom UI yang beralamat di cs.ui.ac.id. Desain laman yang baru lebih mengutamakan kenyamanan pengguna dengan menambahkan beberapa fitur, di antaranya, menu pencarian research by subject and experts, penelusuran keluaran riset terkini secara otomatis dari data Scopus, profil peneliti dan dosen  yang lebih informatif, layanan mahasiswa komprehensif, dan agenda yang dinamis.

Fasilkom UI juga meluncurkan maskot baru, yaitu sebuah icon robot beruang putih yang bernama Exe Robobear. Bentuk beruang dipilih karena dianggap merepresentasikan nilai-nilai yang ingin ditanamkan ke mahasiswanya, yaitu sosok yang tangguh, lincah, adaptif, cerdas, namun juga memiliki empati serta peduli sesama.

Tangkapan layar peluncuran resmi maskot baru Fasilkom UI, Exe RoboBear.

Pada kesempatan ini, Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., menyampaikan apresiasi dan harapannya bagi kemajuan Fasilkom UI dalam kontribusi dan peran aktif sebagai problem solver khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Beliau mengatakan, “Fasilkom UI telah menunjukan kontribusinya bagi perkembangan ilmu komputer dan teknologi informasi Indonesia. Saat ini Indonesia membutuhkan SDM yang mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan teknologi seni dan budaya agar dapat berkesinambungan dan unggul di era revolui industri 4.0”.

Selanjutnya mengakiri pidato beliau menyampaikan, “Kami nantikan ide, gagasan dan pemikiran yang konstruktif dari Fasilkom UI. Jadikan tema Dies Natalis tahun ini sebagai pemersatu pimpinan karyawan guru besar dan mahasiswa serta stakeholder agar Fasilkom UI terus bersama dalam berkarya. Teruskan semangat sinergi agar dapat menjadi bagian problem solver baik di tingkat nasional maupun internasional.”

Pejabat Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto, menyampaikan bahwa pada era distrupstion revolution industry 4.0 seperti sekarang mejadi motivasi bagi Fasilkom UI untuk berperan aktif dalam menhasilkan SDM yang berkualitas untuk dapat menjadi solusi terhadap permasalahan bangsa. “Era kini dan mendatang adalah era teknologi yang begitu besar untuk terwujudnya masyarakat pintar atau smart society berbasis integrasi data dan informasi yang terekam melalui berbagai proses dan aktifitas transaksi secara digital. Transisi ke arah tersebut adalah sebuah keniscayaan, dan kita harus berperan aktif di dalamnya”, terang beliau.

Pada sambutanya beliau menambahkan, “Fasilkom UI akan terus maju dalam peran menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang merupakan generasi yang inovatif, kreatif, dan produktif. Itulah yang menjadi tema Dies Natalis Fasilkom UI kali ini. Fasilkom UI harus senantiasa berupaya untuk membangun kapasitas diri serta mampu menyediakan kebutuhan SDM dengan keterampilan yang dibutuhkan di masyarakat ke depan. Pembelajaraan yang sementara ini harus dilakukan secara jarak jauh oleh karena pandemi menjadi momen bagi kita untuk berbenah diri menyiapkan lebih baik, agar terbukti bahwa kita berhasil menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan daya jangkau yang lebih luas.”

Di akhir rangkaian acara syukuran Dies Natalis ke-34, Fasilkom UI memberikan panghargaan bagi para mahasiswa yang berprestasi selama tahun 2020. Salah satunya adalah juara umum Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke-13 tahun 2020. Mereka yang berhasil menorehkan prestasi akademik tersebut mendapatkan bantuan beasiswa  dari Fasilkom UI. Hal tersebut sebagai bentuk apresiasi dari fakultas untuk mereka agar terus semangat berprestasi.

Tangkapan layar peserta yang hadir perayaan puncak virtual Dies Natalis ke-34 Fasilkom UI

Memeriahkan hari syukuran Dies Natalis ke-34 Fasilkom UI, panitia juga menyelenggarakan lomba ekspresi artistik dan membuat video kreatif bertema ”Produktif Selama Pandemi”yang diikuti oleh sivitas akademika Fasilkom UI.

Memasuki usia yang ke-34, semoga Fasilkom UI tidak berhenti menghasilkan sumber daya manusia yang unggul di bidang teknologi informasi dan komunikasi dan memberikan inovasi dan karya untuk kemajuan Indonesia.

Acara Puncak Perayaan Dies Natalis ke-34 Fasilkom UI

Leave a Reply