Fasilkom UI Selenggarakan Dua Konferensi Internasional dan Hadirkan Ilmuwan Terbaik Dunia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Fasilkom UI Selenggarakan Dua Konferensi Internasional dan Hadirkan Ilmuwan Terbaik Dunia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) kembali menyelenggarakan dua konferensi ilmiah unggulan internasional bidang ilmu komputer dan sistem informasi yang menghadirkan para ilmuwan, peneliti, profesional, serta para pakar dari dalam dan luar negeri. Dua konferensi ini, yaitu The 12th International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), dan The 5th International Workshop on Big Data and Information Security (IWBIS), dikenal sebagai barometer internasional para ilmuwan ilmu komputer dan sistem informasi. ICACSIS dan IWBIS berlangsung selama dua hari yang dilaksanakan paralel, dimulai dari tanggal 17 – 18 Oktober 2020 secara daring.

Konferensi ini menghadirkan ilmuwan dan peneliti terbaik dunia pada sesi plenary speech seperti, Prof. Toshio Fukuda dari Meijo University yang saat ini menjabat sebagai President dari IEEE (suatu lembaga profesi teknis terbesar di dunia); Prof. Anil K. Jain, ilmuwan denganh-index tertinggi (190) di dunia dalam bidang ilmu komputer, dari Michigan State University; Prof. Kukjin Chun, Vice President IEEE, dari Seoul National University; dan Prof. Akinori Nishihara, Director IEEE Region 10 (Asia Pacific), dari Tokyo Institute of Technology. Sesi plenary speech ini dapat disaksikan secara langsung pada kanal YouTube Fasilkom UI (https://www.youtube.com/c/FasilkomUIOfficial/).

Di samping itu juga hadir sebagai keynote speakersICACSIS yaitu, Prof. Lance Fung dari Murdoch University yang juga menjabat sebagai IEEE R10 Educational Activities Committee Chair, Prof. Yves Lepage dari Waseda University, Dr. Henrik Skibbe dari Riken Center for Brain Science, dan Prof. Wisnu Jatmiko dari Universitas Indonesia. Sedangkan keynote speakers IWBIS yaitu, Dr. Hammam Riza (Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ), Prof. Zainal Arifin Hasibuan (Ketua Umum APTIKOM), Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian (Rektor Universitas Pertahanan), dan Beno K. Pradekso (CEO Solusi247).

Poster ICACSIS-IWBIS 2020

Konferensi dibuka secara resmi pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020 oleh Pj. Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto, dan dihadiri oleh para General Chair ICACSIS, Adila Krisnadhi, Ph.D, Program Chair ICACSIS Suryana Setiawan, Ph.DGeneral Chairs IWBIS yaitu, Prof. Yudho Giri Sucahyo, Dr. Setiadi Yazid, Prof. Wisnu Jatmiko, serta para Program Chairs IWBIS yaitu, Dr. Panca Hadi Putra (UI), Dr. Kurnianingsih (Politeknik Negeri Semarang), dan S. Indarjani (Politeknik Siber dan Sandi Negara).

Sebagai konferensi bertaraf internasional, ICACSIS dan IWBIS menjadi wadah bagi peserta dari berbagai belahan dunia untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, inovasi dan perkembangan keilmuwan terkini mengenai metodologi, teori, serta aplikasi dalam bidang ilmu komputer dan sistem informasi.Ratusan makalah penelitian (research papers) yang berasal dari 17 negara berhasil dikumpulkan dalam proses seleksi, dengan 85 makalah di antaranya berhasil lolos dan berhak dipaparkan pada parallel sessions ICACSIS 2020 dan IWBIS 2020. Di antara negara-negara tersebut seperti, Indonesia, Filipina, Amerika Serikat, Swedia, Bangladesh, Arab Saudi, India, Maroko, Pakistan, Aljazair, Sri Langka, Norwegia, Jepang, dan Venezuela. Sejak pertama kali diselenggarakan, prosiding makalah ilmiah yang dipaparkan di ICACSIS dan IWBIS telah terindeks oleh Scopus, yakni salah satu entitas pangkalan data pustaka yang dikenal oleh para peneliti dunia. 

Dua konferensi ini juga didukung oleh Kantor Pengelolaan Produk Riset dan Inovasi Universitas Indonesia, Universitas Pertahanan (co-hostICACSIS), Politeknik Siber dan Sandi Negara (co-host IWBIS), dan IEEE Indonesia Section (technical support).Pada kesempatan yang sama, turut dilaksanakan secara daring kegiatan Student Congress dan IEEE Celebration Day (18/10) dalam rangka 2020 Outstanding Section Membership Recruitment Performance yang diraih oleh IEEE Indonesia Section. Kegiatan ini juga menghadirkan IEEE President, Vice President serta para tokoh IEEE luar negeri lainnya, seperti Deepak Mathur (IEEE R10 Director Elect).