Research Talk: Knowledge Graph and Wikidata

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Research Talk: Knowledge Graph and Wikidata

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menyelenggarakan diskusi ilmiah bertajuk “Research Talk” pada 7 Oktober 2020 secara daring melalui aplikasi Zoom. Pada kesempatan ini Dr. Adila A. Krisnadhi hadir bersama dengan Fariz Darari, Ph.D  membawakan topik “Knowledge Graphs and Wikidata” dan dimoderatori oleh Dr. Panca Hadi Putra.

Dr. Adila mengawali pembicara dengan menjelaskan beberapa hal mengenai knowledge graphs, seperti apa itu knowledge graphs, fungsi, dan bagaimana ia bekerja. “Knowledge graphs adalah model pengetahuan yang dibentuk dengan menggunakan graphs. Jadi ada note, ada edgesnya”, jelas beliau.

WhatsApp Image 2020-10-07 at 11.45.03.jpeg

Why Knowledge Graphs?

Secara normal, sebuah mesin pencari akan membantu kita dengan memberikan informasi dan dokumen yang kemungkinan berkaitan dengan yang kita cari yang dibantu dengan metadata yang terstruktur. Metadata membantu dalam menjelaskan stok data sehingga hasil yang keluar di mesin pencari sesuai dengan yang kita inginkan. Knowledge graphs menjadikan metadata yang terstruktur dalam menginterpretasikan data-data yang ada. Sehingga dengan begitu hasil yang akan muncul adalah data-data yang saling berhubungan satu sama lain.

Sederhananya, Dr. Adila menggambarkan knowledge graphs dengan proses tagging foto pada media sosial. Tagging merupakan metadata yang menjelaskan foto, namun tagging tersebut belum terstruktur karena antar tagging belum jelas hubungannya seperti apa. Sehingga untuk menghasilkan data yang berkaitan, diperlukan metadata yang terstruktur. Metadata yang memiliki struktur inilah yang dijadikan landasan dari knowledge graphs. Dengan begitu kita dapat membangun kecerdasan aplikasi.

Wikidata is A Knowledge Graphs Version of Wikipedia

Pada Wikidata dapat kita lihat knowledge graphs sebuah data atau informasi yang tersimpan pada Wikipedia. Dr. Fariz memaparkan bagaimana data-data yang ada pada Wikipedia sangat tersusun dan terstruktur ketimbang Wikipedia yang berisikan teks panjang, sehingga lebih mudah dipahami oleh sebuah mesin komputer. Beliau menambahkan, “Di wikidata kita bisa melakukan yang namanya query, query itu kayak misalkan tu kalau database. Tapi di sini sifatnya yang di query itu bukan database tapi knowledge graph.

Research Talk merupakan webinar berseries yang diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-34 Fasilkom UI. Kegiatan ini mengundang para peneliti dari berbagai belahan dunia untuk membahas cutting edge research di bidang ilmu komputer dan sistem informasi. Peserta webinar yang hadir berjumlah 323 orang yang berasal dari Sumatera hingga Papua.