Etalase Riset Fasilkom UI: Mengenal Riset Ilmu Komputer dan TI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Etalase Riset Fasilkom UI: Mengenal Riset Ilmu Komputer dan TI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) mengadakan  Program Etalase Riset Fasilkom UI pada 16 September 2020 secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan aktivitas riset dan laboratorium riset di lingkungan Fasilkom UI, sehingga mahasiswa Magister dan Doktoral Ilmu Komputer dapat mengetahui lebih jelas penelitian yang ingin dilakukan. Webinar ini dimoderatori oleh Dr. Adila Alfa Krisnadhi selaku Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Fasilkom UI.

“Program ini dilaksanakan untuk menjembatani 50 orang mahasiswa baru (Program Pascasarjana Fasilkom UI)”, jelas Prof. Wisnu Jatmiko, Koordinator Program Magister Ilmu Komputer (MIK) dan Program Doktoral Ilmu Komputer (DIK) Fasilkom UI.

Kegiatan ini diisi oleh beberapa topik penelitian yang ada di Fasilkom UI, di antaranya adalah topik numerical, cloud, grid, and high performance computing  oleh Prof. Heru Suhartanto; topik cyber security and chryptography oleh Dr. Setiadi Yazid; dan topik e-Government, e-Commerce, IT Management, software engineering oleh Betty Purwandari, Ph.D.

Dr. Setiadi Yazid menjelaskan bagaimana lanskap riset ilmu komputer, jaringan komputer dan keamanan siber. Beliau memaparkan topik-topik penelitan ilmu komputer apa saja yang banyak diteliti berdasarkan data dari IEEE selama 20 tahun terakhir. “Data ini membantu kita untuk dapat memilih bidang mana yang masih banyak yang diteliti. Ini ada baiknya dan jeleknya juga kalau artikel yang banyak artinya kita bersaing, kalau yang sedikit jangan-jangan kita sudah ketemu tapi masih berusaha menggali lebih kuat tentunya”, terang beliau.

Selanjutnya Prof. Heru Suhartanto menerangkan penelitian berkaitan dengan high performance computing (HPC) yang telah dilakukan dengan bidang kesehatan. Beliau menyampaikan, “Selama ini saya telah membimbing mahasiswa S3 saya kerjasama dengan ahli patologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan dokter di RSCM mencoba mendetects kanker dengan berdasarkan image-image yang dihasilkan dari pathology analisys.”

Lebih lanjut Dr. Betty Purwandari, Ph.D memaparkan topik-topik penelitian yang terkait dengan web application yang sangat mempengaruhi hidup manusia. Pada kesempatan ini beliau juga menjelaskan tentang e-commerce. “Penelitian e-commerce di sini tidak bisa terlepas dari konsep management, karena yang dikelola memang bukan hanya infrastruktur tapi juga manusianya, kebijakan publiknya, marketing, dan iklannya, kemudian layanan pendukungnya serta partnershipnya”, beliau menjelaskan.

Fasilkom UI memiliki tujuh laboratorium riset yaitu: Lab Computer Architecture, Networking & High Performance Computing; Lab Digital Library and Distance Learning; Lab Machine Learning and Computer Vision; Lab Reliable Software Engineering; Lab Information Management; Lab Information Retrieval; Lab E-Government and E-Business. Di samping itu juga terdapat dua pusat penelitian, yaitu; Artificial Intelligence (AI) Center dan Cyber Security and Chryptography Center.