Fasilkom UI Menyelenggarakan Open House Pascasarjana secara Daring

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Menyelenggarakan Open House Pascasarjana secara Daring

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) melaksanakan open house pascasarjana daring pertamanya dengan menggunakan konsep webinar melalui aplikasi Zoom pada hari Senin, 9 Juli 2020. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto, diikuti dari peserta dari seluruh Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Fasilkom UI. Pada kesempatan ini, peserta dapat bertemu secara virtual dengan guru-guru besar dan kepala lab yang ada di Fasilkom UI.

 “Selamat datang, selamat mengikuti kegiatan ini. Semoga apa yang disampaikan selama acara ini dapat memberikan  pencerahan informasi yang bermanfaat untuk Bapak/Ibu sekalian memutuskan untuk lanjut studi di Fasilkom UI”, ujar Dr. Petrus Mursanto dalam sambutannya

Sebanyak 407 orang berasal dari seluruh Indonesia bergabung menyaksikan kegiatan ini melalui Zoom yang dibagi menjadi dua ruang. Ruang pertama adalah untuk ruang peminat program MTI dengan jumlah partisipan 151 orang, sedangkan untuk ruang kedua adalah ruang untuk para peminat program MIK dan DIK serta lab-lab riset Fasilkom UI yang diikuti oleh 256 orang.

Open house pascasarjana ini diselenggarakan untuk mengakomodasi calon mahasiswa magister dan doctoral agar mengenal lebih dalam lagi mengenai program magister teknologi informasi (MTI), magister ilmu komputer (MIK), program doktoral ilmu komputer (DIK), laboratorium, pusat penelitian, penelitian-penelitian yang telah dilakukan, dan fasilitas lainnya selama menjadi mahasiswa pascasarjana Fasilkom UI.

Mengenal lebih dekat program MTI, MIK, dan DIK

Webinar dilaksanakan paralel yang dibagi menjadi dua sesi yang disiarkan secara bersamaan. Sesi satu dipimpin langsung oleh Ibu Betty Purwandari, Ph.D selaku ketua program MTI dan sesi dua oleh Prof. Wisnu Jatmiko selaku ketua program MIK dan DIK.

Dr. Betty Purwandari menjelaskan bahwa program MTI merupakan magister dengan studi kasus dengan melakukan penelitian terapan dengan matakuliah tatap muka yang lebih banyak. Program MTI yang lahir resmi dibuka berdasarkan SK DIKTI No.2006/D/T/2005 tanggal 24 Juni 2005 di bawah naungan Fasilkom UI, dirancang untuk mengisi kesenjangan dari kebutuhan dunia industri dan bisnis untuk tenaga profesional, dengan keahlian dalam bidang TI. Untuk mendukung proses penelitiannya, program MTI ini didukung oleh Lab dengan kajian berbasis Teknologi Informasi yaitu Lab E-Government & E-BusinessLab Information Management, dan Lab Digital Library and Distance Learning.

Pada saat yang bersamaan di sesi paralel ruangan dua, Prof. Wisnu Jatmiko menjelaskan mengenai program magister dan program doktoral ilmu komputer.Program MIK merupakan program yang dibuka pada tahun 1988 dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan wawasan riset bidang Ilmu Komputer sebagai kelanjutan jenjang S1 bidang Ilmu Komputer. Perkuliahan MIK diselenggarakan pada pagi dan siang hari di kampus Fasilkom UI Depok. Program ini menekankan integrasi antara pendidikan pascasarjana dan kegiatan penelitian, sehingga mahasiswa diharapkan terlibat aktif dalam penelitian di Fasilkom UI. Adapun aktivitas riset yang berjalan tersebut dilakukan oleh tujuh lab riset, yakni; Reliable Software Engineering; Digital Library & Distance Learning; Computer Architecture, Networking & High Performance Computing; Machine Learning and Computer Vision; Information Retrieval; Information Management; E-Government and E-Business

Laboratorium-laboratorium Riset di Fasilkom UI

Fasilkom UI memiliki tujuh laboratorium riset dan dua pusat penelitian untuk mendukung kegiatan perkuliahan dan penelitian bagi dosen-dosen dan para mahasiswa.

  1. Lab Computer Architecture, Networking & High Performance Computing.

Lab yang dikepalai oleh Bapak Setiadi Yazid, Ph.D ini memiliki kegiatan laboratotium yang terbagi atas tiga, yaitu Jaringan Komputer, Arsitektur Komputer dan Grid/High Performance Computing. Adapun topic-topik penelitiannya adalah Indonesia Cyber Defense Framework; Next Generation Networking; Wireless Sensor Network; Odor Source Localization; Swarm Robot; Traffic Signal Control System; Autonomous Telecommunication Network; Smart Cardio Device; Smart Ultrasonography for Telehealth Monitoring System; Swarm Quadcopter based on Semantic Onthology for Forest Surveillance; Smart Home System based on Context Awareness; Grid/High Performance Computing to Support drug design processes involving Indonesian medical plants;  Cloud Computing for Distance Learning.

  • Lab Digital Library and Distance Learning

Secara umum, lab yang dipimpin oleh Bapak Harry B. Santoso, Ph.D ini membahas beberapa topik tentang pengembangan sistem informasi, terutama yang digunakan untuk perpustakaan digital dan e-learning. Penelitian di perpustakaan digital mencakup beberapa aspek, antara lain perpustakaan digital yang efisien dan efektif, sistem manajemen yang baik untuk berbagi sumber daya antara perpustakaan, pengambilan konteks-sensitif untuk dokumen yang didistribusikan, dan pencarian panen dan optimasi pencarian gabungan. Sementara itu, penelitian dalam e-learning menyoroti gaya belajar, personalisasi, pembelajaran kolaborasi, sistem manajemen pembelajaran, dan pengembangan konten multimedia. Topik-topik riset yang dilakukan meliputi Digital Library; Distance Learning; Multichannel Access; Cloud Technology; OER (Open Educational Resource); Semantic Web Technolog.

  • Lab Machine Learning and Computer Vision

Laboratorium ini memfokuskan dalam penelitian yang berkaitan dengan manipulasi, analisis, serta interpretasi data berupa citra atau gambar (image). Metode-metode yang digunakan sangat beragam, mulai dari metode yang mengolah informasi detil yang tersimpan pada tingkat piksel sampai metode yang secara geometris membagi citra dalam beberapa region untuk membentuk pola tematik/semantik untuk direpresentasikan. Topik penelitian terdiri atas Feature Extraction and Selection (Color, Texture, Shape, Association Rules); Image Segmentation, Clustering, and Classification; Object Matching and Recognition; Content-Based Image Retrieval System (CBIR); Signal Processing; Geographical Information System (GIS)

  • Lab Reliable Software Engineering

Penelitian di lab ini sangat bergantung pada latar belakang matematika dan logis sebagai dasar utama untuk memastikan kualitas hasil. Salah satu prestasi yang dicapai selama pengembangan metode formal ini adalah gagasan Djikstra tentang “pemrograman dengan konstruksi”. Satu pidato inspiratif yang juga dapat memotivasi orang untuk belajar tentang metode formal dalam rekayasa perangkat lunak adalah “The Humble Programmer” dari Turing Award Speech. Lab yang diketuai oleh Prof. Eko K. Budiardjo memiliki topik penelitian, yaitu;   Discrete Mathematics; Theorem Prover; Program Refinement; Model Checker;  Graph Mining; Software Quality Assurance especially for Free/ Open Source Software; Program Verification; Software Correctness and Reliability; Security Protocol;  Computational logic; Software Testing and Test-Bed Generator

  • Lab Information Management

Lab Manajemen Informasi adalah salah satu laboratorium di Fasilkom UI yang mencakup bidang interdisipliner yang menggabungkan keterampilan dan sumber daya ilmu informasi, teknologi informasi, manajemen catatan, arsip, dan manajemen umum. Laboratorium ini terutama berfokus pada informasi sebagai sumber daya. Buku dan majalah, semua data yang disimpan di komputer lokal atau jarak jauh, mikroform, media audio-visual, bahkan informasi yang tersimpan dalam pikiran orang-orang berada dalam ruang lingkup lab ini. Adapun topik riset dari lab ini adalah Enterprise Architecture; Business/IT Alignment; IS/IT Strategic Planning; IS/IT Benefit Management; IS/IT Governance; IT Service Management; IT Adoption & User Acceptance; IT Project Management; IT Risk/ Security Management; Decision Analytic & Support; Knowledge Management,

  • Lab Information Retrieval

Perolehan informasi (information retrieval) merupakan topik penelitian yang mendalami cara untuk mengorganisasikan, merepresentasikan, menyimpan, dan melakukan pencarian informasi dalam bentuk teks dan multimedia. Beberapa topik dalam perolehan informasi adalah teks dan multimedia. Perolehan informasi lintas bahasa, penemuan jawaban, peringkas dokumen, perolehan informasi geografis, perolehan informasi dokumen web, ekstraksi informasi, peer-to-peer, Data mining, Enterprise Search. Lingustik Komputasional merupakan topik yang mempelajari cara memodelkan bahasa manusia dalam representasi aturan yang formal. Model-model ini diimplementasikan sebagai perangkat lunak yang memproses artefak bahasa, baik dalam bentuk ucapan, kalimat, naskah dokumen, dan lain-lain.

  • Lab E-Government and E-Business

Laboratorium E-Government & E-Business memadukan keterampilan dan pengetahuan dalam Teknologi Informasi (web services dan aplikasi, arsitektur keamanan dan jaringan, rekayasa data, dan pengetahuan, pemodelan proses bisnis, dan interaksi komputer dan manusia) yang memfokuskan diri pada pengembangan dan pengintegrasian layanan e-government dan e-business. Penelitian ini mencakup 4 bidang, yaitu; Layanan; Aplikasi; Infrastruktur; Kebijakan. Lab yang dikepalai ole Bapak Dana Indra Sensuse, Ph.D ini memiliki topik riset yaitu: Web Services & Application; Architecture and Network Security; Data and Knowledge Engineering; Modelling Bussines Process; Human and Computer Interaction; E-Government Services; Knowledge Management; Knowledge Management System