Enam Dosen Fasilkom UI Masuk dalam 500 Peneliti Terbaik Nasional

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Enam Dosen Fasilkom UI Masuk dalam 500 Peneliti Terbaik Nasional

Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) kembali menorehkan prestasi terbaik pada level nasional. Kali ini, terhitung enam dosen Fasilkom UI mendapatkan apresiasi pada acara Peringkat Kinerja Peneliti Indonesia Tahun 2020 berbasiskan Science and Technology Index (SINTA) yang diumumkan oleh Kementrian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) (28/05/2020).

Hasil pemeringkatan peneliti ini diumumkan langsung oleh Menristek/Kepala BRIN, Prof. Dr. Bambang Brodjonegoro, yang menempatkan enam orang dosen Fasilkom UI dalam peringkat 500 besar dari 197,490 total peneliti yang terdaftar di Indonesia, yaitu:

  1. Peringkat delapan: Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto (H-Index Scopus: 10)
  2. Peringkat 60: Dana Indra Sensuse, Ph.D (H-Index Scopus: 7)
  3. Peringkat 110: Harry B. Santoso, Ph.D (H-Index Scopus: 9)
  4. Peringkat 257. Dr. Indra Budi (H-Index Scopus: 9)
  5. Peringkat 275: Dr. Putu Wuri Handayani (H-Index Scopus: 8)
  6. Peringkat 308: Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko (H-Index Scopus: 18)

Pemeringkatan nasional (Rank in National) tersebut berdasarkan penghitungan hasil karya ilmiah yang diterbitkan dan diindeks oleh SINTA dalam kurun tiga tahun terakhir (2017-2019).  Formula yang dipakai untuk menilai kinerja peneliti termasuk beberapa indikator: 1) Jumlah artikel jurnal terindeks di Scopus dengan memperhitungkan kategori kuartil jurnal; 2) Jumlah artikel non-jurnal terindeks di Scopus; 3) Jumlah sitasi di Scopus; 4) jumlah sitasi di Google Scholar; dan 5) Jumlah artikel di jurnal nasional terakreditasi kategori S1 sampai S6.

Perlu disoroti juga, berdasarkan pemeringkatan dalam lingkup institusi (Rank in Affiliation) yakni Universitas Indonesia (UI), ke enam dosen Fasilkom UI tersebut termasuk ke dalam peringkat 40 besar. Secara berturut-turut peringkatnya di UI adalah:

  1. Peringkat dua: Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto
  2. Peringkat tujuh: Dana Indra Sensuse, Ph.D
  3. Peringkat 17: Harry B. Santoso, Ph.D
  4. Peringkat 28. Dr. Indra Budi
  5. Peringkat 32: Dr. Putu Wuri Handayani
  6. Peringkat 34: Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko

Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, Ph.D menyampaikan apresiasi atas prestasi yang telah diraih para dosen Fasilkom UI pada ajang pemeringkatan ini. “Selamat untuk dosen Fasilkom UI tersebut atas pencapaiannya”, ujarnya.

Fasilkom UI adalah pusat pendidikan dan penelitian ilmu komputer terbaik di Indonesia. Pemeringkatan universitas tingkat internasional Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking pada bulan Maret 2020 yang lalu menempatkan Fasilkom UI para peringkat 251-300 di dunia dalam bidang Computer Science and Information Systems.

Leave a Reply