Selamat Datang Mahasiswa Baru Program MTI Fasilkom UI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Selamat Datang Mahasiswa Baru Program MTI Fasilkom UI

Dalam rangka mempersiapkan dan pengenalan perkuliahan, mahasiswa program Magister Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia (MTI Fasilkom UI) mengikuti penyambutan mahasiswa baru atau Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM) yang diselenggarakan dari tanggal 20-24 Januari 2020. Acara yang diikuti sebanyak 55 mahasiswa baru ini diadakan di gedung MTI Fasilkom UI Salemba dan dibuka oleh koordinator program MTI Fasilkom UI, Betty Purwandari Ph.D.

Dalam sambutannya Dr. Betty Purwandari mengingatkan kepada para mahasiswa untuk dapat menyeimbangkan kehidupannya antara dunia kerja dan dunia pendidikan selama masa belajar di MTI Fasilkom UI agar dapat menyelesaikan masa studinya tepat waktu.

Selama OBM, peserta diperkenalkan sistem perkuliahan MTI, akses single sign on (SSO), dan Student Centered E-learning Environment (SCeLE) yang berfungsi sebagai learning management system (LMS). Selain itu mahasiswa diajarkan cara penulisan ilmiah yang baik dan benar dalam bahasa indonesia yang disampaikan oleh Widijanto S. Nugroho, Ph.D. Kemudian mereka dilatih untuk menulis penelitian studi kasus, tinjauan pustaka sesuai SK Rektor UI No. 2143 tahun 2017 dengan gaya sitasi sesuai dengan American Psychological Assosiation (APA).

Pada hari terakhir OBM, mahasiswa diminta untuk memaparkan dan mendiskusikan hasil tugas kelompok karya ilmiah berbasiskan suatu studi kasus dengan menerapkan kaidah penulisan yang sebelumnya telah dijelaskan. Sesi presentasi dan diskusi dibagi menjadi tiga kelas yang masing-masing difasilitasi oleh Dr. Betty Purwandari, Dr. Harry Budi Santoso, dan Dr. Panca Hadi Putra serta dibantu oleh dua orang asisten dosen setiap kelasnya.

Proses perkuliahan sendiri dimulai pada hari Senin, 27 Januari 2020 di kampus UI Salemba. Selama proses perkuliahan di MTI mahasiswa diharapkan dapat mengikuti setiap peraturan akademik yang berlaku. Di samping itu dengan mengikuti proses perkuliahan di MTI nanti, mahasiswa akan memiliki kemampuan dan kompetensi untuk menjembatani bidang system informasi/teknologi informasi (SI/TI) dan bisnis atau manajemen. Para lulusan juga diharapkan mendapatkan kemampuan penyelesaian masalah SI/TI berdasarkan kajian studi kasus bersama akademisi dan praktisi. Kemudian peserta mendapatkan keahlian dalam mengartikulasi masalah atau solusi teknis dalam lintas organisasi.

Segenap civitas academica Fasilkom UI mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa magister teknologi informasi. Selamat menempuh pendidikan dengan penuh semangat.