Fasilkom UI Menerima Kunjungan Studi Banding Laboratorium Riset dari UMMGL

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Menerima Kunjungan Studi Banding Laboratorium Riset dari UMMGL

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menerima kunjungan dari Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiya Magelang (UMMGL) pada tanggal 8 Januari 2020. Rombongan yang terdiri dari kaprodi dan dosen-dosen teknik informatika ini ingin melaksanakan studi banding dan melihat laboratorium riset yang ada di Fasilkom UI. Mewakili Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Panca Hadi Putra menyambut kedatangan mereka di Ruang 1213 Gedung A lantai 2 Fasilkom UI dan selanjutnya menjelaskan secara singkat mengenai laboratorium dan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh staf akademik dan mahasiswa Fasilkom UI.

Dalam pemaparannya, Pak Panca mengenalkan tujuh laboratorium riset dan dua pusat penelitian yaitu: Computer Networks, Architecture and High Performance Computing; Information Retrieval; Digital Library and Distance Learning; Reliable Software Engineering; E-Government and E-Business; Information Management; Machine Learning and Computer Vision; Cyber Security and Cryptography Center; dan Tokopedia UI – Artificial Intelligence Center of Excellence. Di samping itu beliau juga memperlihatkan sekilas penelitian-penelitan yang telah dipublikasikan di tingkat internasional.

Setelah pengenalan singkat mengenai laboratorium riset, rombongan UMMGL diajak untuk mengunjungi beberapa lab seperti: Computer Networks, Architecture and High Performance Computing; E-Government and E-Business; dan Digital Library and Distance Learning. Pada masing-masing lab riset tersebut, mereka dipaparkan beberapa penelitian yang sedang dikerjakan, penelitian yang sudah berhasil dipatenkan, dan lain-lain.

Beberapa hasil riset yang diperlihatkan kepada rombongan antara lain Tele-Health for UltrasonographyE-Cardio, Traffic Lights Control System, Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Daring, Online Course Design, Adaptive Information System for Charity Organizations (AISCO), dan E-Government Services Frameworks.

Setelah mendsiskusikan dan melihat berbagai hasil riset yang ada di Fasilkom UI, besar harapan mereka untuk dapat bekerjasama dalam penelitian di bidang teknologi informasi komunikasi. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas serta kualitas riset yang dilakukan di kampus UMMGL. Di samping itu, Fasilkom UI selalu membuka kesempatan bagi peneliti-peneliti untuk berkolaborasi dalam melakukan riset demi kepentingan dan kemajuan ilmu pendidikan. (AA)