Mahasiswa Doktor Fasilkom UI Usulkan Penyelesaian dalam Sistem Pengetahuan Berbasis Ontologi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Mahasiswa Doktor Fasilkom UI Usulkan Penyelesaian dalam Sistem Pengetahuan Berbasis Ontologi

Mahasiswa Doktor Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), Saudara Foni Agus Setiawan  mempresentasikan hasil penelitiannya pada Senin, 15 Juli 2019, dengan judul “Framework Integrasi Penalaran Logis dan Probabilistik dalam Sistem Pengetahuan Berbasis Ontologi”

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini melalui framework yang dibangun memberikan manfaat secara nyata seiring berkembangnya penggunaan ontologi sebagai basis pengetahuan di era web 3.0. Dalam penelitiannya, peneliti mengusulkan konsep pemanduan Bayesian Network (BN) ke dalam ontologi dan sebaliknya yang menyediakan solusi penalaran logis dan probabalistik yang terkandung dalam Bayesian Network ke dalam ontologi.  Bayesian Network adalah salah satu model yang digunakan untuk menghitung probabilitas dari simpul-simpul yang berhubungan. Metode yang digunakan adalah dengan cara menentukan aturan transformasi lalu mengembangkan morpher/transformer berdasarkan aturan dan algoritma dalam sebuah kerangka kerja untuk melakukan penalaran logis dan probabilistik secara simultan. Kerangka kerja tersebut diuji dengan validasi logis. Validasi empiris, dan pakar penelitian pakar (expert judgement) untuk membuktikan validitasnya. Hasil validasi logis menunjukkan bahan algoritma-algoritma transformasi yang diusulkan terbukti valid dan memenuhi kriteria time complexity dan decidabilty. Hasil validasi empiris menunjukkan bahwa kerangka kerja yang dibangun terbukti mampu mentransformasikan informasi yang terkandung dalam basis pengetahuan Bayesian network kedalam ontologi dan demikian pula sebaliknya.

Adapun hasil penelitian pakar memperkuat hasil validasi empiris yang dilakukan terhadap kasus-kasus uji yang diambil. Hasil berbagai pengujian tersebut menunjukkan bahwa kerangka kerja yang diusulkan terbukti mampu menyelesaikan permasalahkan yang membutuhkan kesatuan penalaran logis dan probabilistik dalam sebuah sistem pengetahun berbasis ontologi.

Dengan diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D., peneliti telah berhasil mempresentasikan hasil penelitian dihadapan para penguji antara lain Prof. Dra. Belawati H. Widjaja M.Sc., Ph.D, Prof. Dr. Kudang Boro Seminar, Adila Alfa Krisnadhi S.Kom., M.Sc, Ph.D., Yudho Giri Sucahyo S.Kom., M.Kom., Ph.D., Drs. Lim Yohanes Stefanus M.Math., Ph.D., Dr. Indra Budi S.Kom., M.Kom. Penelitian ini di Promotori oleh Prof. Dr. Ir. Eko Kuswardono Budiardjo M.Sc serta di Ko-promotori oleh Ir. Wahyu Catur Wibowo M.Sc., Ph.D. Gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Foni Agus  Setiawan, dengan yudisium Sangat Memuaskan dengan IPK 3,84.