Ciptakan Value lewat Opening & Sharing Data

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Ciptakan Value lewat Opening & Sharing Data

Di era digital saat ini, semakin banyak data yang dikumpulkan dan kemudian dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Digitalisasi telah membuka ruang bagi lahirnya aplikasi-aplikasi baru. Tak hanya itu, digitalisasi telah membantu menciptakan pemerintahan yang terbuka, dimana data dibagikan kepada publik dan memungkinkan pemerintah serta masyarakat untuk bekerjasama. Smart platforms telah banyak dikembangkan untuk share dan open data, termasuk untuk memastikan privasi dan menciptakan transparansi. Platform dipergunakan untuk menciptakan value, baik oleh pengembang aplikasi (application developer), pengguna (users) dan masyarakat.

Dalam presentasi yang dipaparkan oleh Prof. Marijn Janssen, ia menjelaskan mengenai perkembangan utama yang dapat mengubah strategi digital. Beliau juga membagikan beberapa contoh untuk mengilustrasikan digitalisasi dan datafikasi. Secara khusus, Prof. Marijn juga membahas multi-sided platforms yang digunakan oleh pemerintah dan publik, untuk kolaborasi maupun untuk membantu pengambilan keputusan pemerintah.

Menurut Prof. Marijn, value dapat diciptakan dengan menggabungkan data. Melalui penyediaan akses ke data, maka data ini dapat digunakan oleh siapa saja untuk menganalisis data dan membuat saran terhadap perbaikan kebijakan. Open data dapat dianalisis dan hasilnya dapat digunakan untuk menyusun argumentasi yang dapat merangkul, menolak ataupun mengusulkan kebiajakan baru. Value dari data akan tercipta ketika data tersebut dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik. Hal ini juga terkait dengan big data yang perlu dikonseptualisasikan dari perspektif jaringan karena melibatkan banyak pihak. Pemaparan yang diberikan Prof. Marijn Janssen ini berhubungan dengan penelitian yang telah dilakukannya di bidang ICT and governance, ICT infrastructure, Open Data, Open Government dan Shared Services.