Penandatanganan Articulated Agreement antara Fasilkom Universitas Indonesia dan ANU College of Engineering & Computer Science

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Penandatanganan Articulated Agreement antara Fasilkom Universitas Indonesia dan ANU College of Engineering & Computer Science

edit-ANUJumat, 2 Februari 2018, telah berlangsung Penandatanganan Articulated Agreement antara Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan College of Engineering and Computer Science ANU (Australian National University). Perjanjian ini ditandatangani oleh Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani,Ph.D  dan Dekan College of Engineering & Computer Science ANU, Prof. Elanor Huntington, yang kehadirannya diwakili oleh Prof. Alistair Rendell (Director Research School of Computer Science, ANU College of Engineering & Computer Science). Bertindak sebagai saksi, Ari Saptawijaya, Ph.D (Ketua Program Studi S1 Ilmu Komputer).

Kerjasama yang dilakukan antara Fasilkom Universitas Indonesia dan ANU College of Engineering and Computer Science memuat pasal-pasal tentang Kerjasama Pengembangan Bidang Pendidikan, yakni Articulated Program yang ditujukan untuk jenjang Sarjana (Undergraduate Degree).   Melalui kerjasama ini, mahasiswa dapat menempuh pendidikan Sarjana pada program Kelas Khusus Internasional (KKI) dengan skema 2 tahun di Universitas Indonesia dan 2 tahun di ANU, Australia.

Usai penandatanganan Articulated Agreement, Dr. Alwen Tiu (Staf Pengajar ANU) berbagi mengenai penelitian yang dilakukannya pada bidang protokol keamanan informasi (security protocols) melalui Seminar dengan Topik “Formal Analysis of Security Protocols”. Seminar ini membahas tentang pendekatan formal dalam menganalisis protokol keamanan informasi, yaitu dengan memodelkan secara formal protokol keamanan serta menganalisis aspek keamanan dari protokol tersebut melalui deduksi logika. Dengan cara ini, kelemahan suatu protokol dapat dideteksi menggunakan inferensi pada logika formal, khususnya dengan memanfaatkan proof theory.

Dr. Alwen Tiu menempuh pendidikan Sarjana di Fakultas Ilmu Komputer UI pada tahun 1994 (Alumni Fasilkom UI), lalu melanjutkan studi Ph.D di Pennsylvania State University dan kini berkarir di dunia pendidikan sebagai Staf Pengajar dan Peneliti di ANU, Australia.  Di akhir seminar, Dr. Alwen berbagi tentang kesan yang dimilikinya saat studi di Fasilkom UI, “Lingkungan pendidikan Fasilkom UI sangat bagus. Dosen-dosen dan mahasiswa sangat akrab. Setelah lulus, saya merasakan bahwa pondasi pendidikan yang diberikan oleh Fasilkom sangat berguna terutama dalam bidang Teknologi Informasi. Jadi, di Fasilkom kita diajarkan pondasi yang kuat sehingga dapat beradaptasi dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI)  yang begitu cepat. Tempat terbaik untuk memulai belajar tentang Teknologi Informasi adalah di Fasilkom UI”.

Leave a Reply