Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Bayu Tenoyo

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Bayu Tenoyo

edit-bayutFakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) menyelenggarakan Sidang Promosi Doktor Ilmu Komputer kepada Sdr. Bayu Tenoyo, pada hari Rabu, 10 Januari 2018 dengan judul disertasi “Diagram Navigasi dan Software Team Member Mental Modeler sebagai Komponen Software Comprehension untuk Mendukung Reverse Engineering.

Alat bantu reverse engineering yang dirancang dan dikembangkan saat ini, dispesifikasikan menjadi empat layers, salah satunya adalah comprehension layer sebagai container dari diagram navigasi. Penelitian ini bermanfaat bagi dunia akademis maupun dunia industri. Manfaat bagi dunia akademis, yakni tersedianya sebuah alat bantu (software comprehension system dan komponen-komponennya) yang memungkinkan dalam menganalisis bagaimana mahasiswa membangun sebuah artifact dari artifact (s) lain. Termasuk pula membantu pengajar untuk mengevaluasi bentuk dan interaksi dari aktivitas pengembangan software artifact, yang memungkinkan pengembangan pada strategi penyampaian mata kuliah. Sedangkan bagi dunia industri, yaitu tersedianya diagram navigasi dan software team member mental modeler sebagai alat bantu pada reverse engineering dan forward engineering. Selain itu, tersedianya software comprehension system framework yang memungkinkan pengembangan environment belajar, sebelum seorang anggota tim bergabung atau mengakses kode, data, atau artifacts dari production system.

Sidang Promosi Doktor Sdr. Bayu Tenoyo diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D dan turut menghadirkan penguji antara lain Prof. Dr. Achmad Benny Mutiara, Prof. Dr. Belawati Widjaja, Dr. Achmad Nizar Hidayanto, Dr. Ade Azurat, Suryana Setiawan, Ph.D dan Dr. Eko Budiardjo. Dalam sidang promosi tersebut, bertindak sebagai promotor yakni Dr. Petrus Mursanto dan Ko-Promotor, Harry Budi Santoso, Ph.D. Sebagai lulusan ke-68 program Doktor Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Bayu Tenoyo dengan yudisium Sangat Memuaskan.