Promosi Doktor Fasilkom UI – Dr. Ionia Veritawati

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Promosi Doktor Fasilkom UI – Dr. Ionia Veritawati

edit-ioniaPeningkatan jumlah data dalam bentuk teks dari berbagai domain, baik cetak maupun online menyebabkan kemudahan akses bagi pengguna. Namun, hal itutidak sejalan dengan meningkatnya informasi atau pengetahuan yang ada pada teks tersebut. Informasi atau pengetahuan tersebut semakin sulit untuk diinterpretasikan dan dipahami secara menyeluruh. Oleh karena itu, melalui kegiatan Sidang Promosi Doktor Ilmu Komputer ini, Ionia Veritawati mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Interpretasi Teks Menggunakan Ontologi Berbasis Additive Fuzzy Spectral Clustering”. Sidang dilaksanakan pada hari Senin, 8 Januari 2018 di Kampus Fasilkom UI Depok.

Dalam penelitian ini, Ionia mengembangkan empat teknik/metode interpretasi berbasis ontologi, yaitu pengembangan teknik preprocessing pada data teks (korpus), pengembangan pemodelan ontologi, pengembangan metode sparse clustering pada data sparse, dan pengembangan metode matching dan correlating terhadap ontologi. Keempat teknik/metode tersebut dibuat untuk dapat melakukan penggalian pengetahuan pada data teks yang berlimpah melalui pemrosesan data tidak terstruktur (text mining). Hasil interpretasi teks tersebut dievaluasi menggunakan usulan – score relevansi untuk dapat menunjukkan seberapa relevan interpretasi teks berdasarkan informasi atau pengetahuannya. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat membantu pengelolaan informasi teks dalam jumlah yang tidak terlalu besar, tetapi cepat.

Sidang Promosi Doktor diketuai oleh Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, ST., M. Kom. Sebagai promotor dan ko-promotor sidang adalah Prof. Drs. T. Basaruddin M.Sc., Ph.D. dan Ir. Ito Wasito M.Sc., Ph.D. Selain itu turut menghadirkan penguji, antara lain: Dr. Indra Budi S.Kom., M.Kom., Ir. Wahyu Catur Wibowo M.Sc., Ph.D., Drs. Lim Yohanes Stefanus M.Math., Ph.D., Dr. Ayu Purwarianti, S.T, M.T., dan Dra. Mirna Adriani Ph.D. Hasil disertasi dipresentasikan sangat baik, dengan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke-67 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Ionia Veritawati.

Leave a Reply