Mengenal Lebih Dekat Program Magister dan Doktor Ilmu Komputer UI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Mengenal Lebih Dekat Program Magister dan Doktor Ilmu Komputer UI

seminar dikFakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) kembali menyelenggarakan Seminar bagi Calon Mahasiswa Program Magister dan Doktor Ilmu Komputer pada 21 April 2017, bertempat di Auditorium Fasilkom UI-Depok. Seminar yang bertajuk “Mengenal Lebih Dekat Program Magister dan Doktor Ilmu Komputer UI” ini terdiri dari rangkaian kegiatan yang mencakup : (a) pemaparan tentang program MIK (Magister Ilmu Komputer) dan DIK (Doktor Ilmu Komputer), (b) motivasi penelitian di Fasilkom UI , (c) presentasi topik-topik riset terkini dari 7 Lab Riset Fasilkom UI, serta (d) Tour Lab.

Peserta yang hadir berasal dari berbagai institusi dan perguruan tinggi di Indonesia. Para peserta cukup antusias untuk mengenal lebih dekat Program Magister dan Doktor Ilmu Komputer. Selain informasi terkait akademik, peserta juga memperoleh insight yang bermanfaat untuk riset di bidang ilmu komputer.

 Seminar dibuka oleh Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani Ph.D beserta Koordinator Ilmu Komputer, Dr. Ade Azurat ; Wakil Koordinator Ilmu Komputer, Dr. Ari Saptawijaya dan Manager Riset, Dr. Wisnu Jatmiko. Salah satu catatan penting yang disampaikan oleh Koordinator Ilmu Komputer dan Manager Riset Fasilkom adalah bahwa riset yang dipilih dan diminati oleh para peserta sebaiknya adalah topik dan bidang yang betul-betul sesuai dengan passion yang dimiliki. Sebab kegiatan riset yang akan dijalani selama studi akan membutuhkan waktu, ketekunan dan endurance. Sehingga akan sangat baik apabila topik riset yang akan dijalani sesuai dengan visi dan passion  yang dimiliki oleh mahasiswa.

Kepala Lab, dari masing-masing 7 Lab Riset Fasilkom, berbagi pada sessi presentasi dan diskusi. Ketujuh Lab Riset tersebut antara lain : (1) Information Management, (2) Computer Networks , Architecture & High Performance Computing, (3) Information Retrieval, (4) E-Gov dan E-Business, (5) Reliable Software Engineering, (6) Digital Library and Distance Learning, (7) Machine Learning & Computer Vision. Masing-masing Lab berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman tentang riset yang sudah berjalan maupun riset yang potensial di masa depan.

Leave a Reply