Kuliah Umum: Mengenal Program Smart City untuk Kota Jakarta

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Kuliah Umum: Mengenal Program Smart City untuk Kota Jakarta

Selasa, 15 Desember 2015, Fasilkom UI bekerjasama dengan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Kuliah Umum bersama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahadja Purnama. Dengan mengusung tema Smart City, acara dilaksanakan di Gedung Agung, Balaikota, Jakarta.

Dalam seminarnya, Basuki Tjahadja Purnama atau yang akrab dipanggil dengan Ahok ini menjelaskan mengenai program unggulan dalam fungsi Smart City Kota Jakarta. Program tersebut yaitu keterbukaan data. Keterbukaan data yang dicanangkan oleh Ahok ini diharapkan dapat memberikan informasi secara maksimal kepada masyarakat dan secara real-time. Selain itu, keterbukaan data ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat kepada para pemuda-pemudi di Indonesia yang berminat mengembangkan aplikasi sebagai dukungan menjadikan kota Jakarta sebagai kota pintar. Program keterbukaan data ini telah ditayangkan pada website Pemprov DKI Jakarta dengan menghadirkan berbagai fitur dan aplikasi secara online.

Membangun smart city untuk kota Jakarta diakui Ahok tidaklah mudah, namun dengan memanfaatkan kebijakan yang ada, Ahok mengerahkan seluruh timnya serta mulai menjalin kerjasama dengan pihak luar untuk bersama-sama berkontribusi membangun kota Jakarta. Salah satunya adalah aplikasi Go-Busway. Bekerjasama dengan pengembang aplikasi Gojek, Ahok mendorong agar Go-Busway juga dapat berfungsi memberikan informasi secara real-time mengenai pelaksanaan dan keberaan dari Trans-Jakarta pada setiap waktunya. Hal ini diakui oleh Ahok, tidak hanya bermanfaat bagi pengguna Trans-Jakarta namun juga bagi dirinya sebagai alat pemantau kondisi Transportasi Umum di Jakarta.

Selain menjelaskan berbagai aplikasi yang telah dikembangkan dalam mendukung program Smart City, Ahok juga mengajak dan menawarkan kepada seluruh peserta yang merupakan mahasiswa program Pascasarjana Fasilkom UI untuk turut berpartisipasi dalam membangun Kota Jakarta. Dalam acara ini turut menghadirkan Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani dan Dosen Fasilkom UI yaitu Yudho Giri Sucahyo, Yova Ruldeviyani, serta Indra Budi. Selain itu, Iik Karunia, Kepala Dinas Kominfo DKI Jakarta turut hadir sebagai Ketua dan Penanggung Jawab Sistem yang dikembangkan pada program Smart City saat ini. (ip)

Leave a Reply