Press Release: Seminar Riset FASILKOM UI & ITMS UniSA

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Press Release: Seminar Riset FASILKOM UI & ITMS UniSA

Seminar riset bersama dalam bidang Big Data Analytics

Fakultas Ilmu Komputer UI dengan School of Information Technology & Mathematical Science UniSA

Dalam rangka meningkatkan kerjasama bidang ilmu pengetahuan dan penelitian, Universitas Indonesia dan University of South Australia melalui Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM UI) dan School of Information Technology and Mathematical Science (ITMS UniSA) bekerjasama untuk memfasilitasi riset antar peneliti dari kedua fakultas. Kerjasama riset ini merupakan kerjasama dalam bidang Big Data Analytics, dan diwujudkan melalui pembentukan pusat riset bersama (joint research centre) yang dinamakan Indonesia-Australia Centre for Big Data Analytics.

Kesepakatan kerjasama riset dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Desember 2015 pukul 09.00 WIB di Ruang 1213 Gedung B, Fasilkom UI Depok. Sambutan akan disampaikan oleh Mirna Adriani, Ph.D. (Dekan Fasilkom UI) dan Prof. Andy Koronios (the Head of ITMS UniSA). Main event terdiri dari:

  • Penandatanganan Memorandum of Agreement terkait pembentukan pusat riset bersama,
  • Seminar riset yang turut menghadirkan narasumber ITMS UniSA yaitu Prof. Jiuyong Li dan Prof. Bruce H. Thomas, serta narasumber Fasilkom UI yaitu Dr. Ito Wasito, Dr. M. Ivan Fanany, dan Dr. Ruli Manurung, serta
  • Sesi diskusi kerjasama riset untuk membahas kegiatan-kegiatan konkrit dalam mewujudkan kerjasama riset dalam bidang Big Data Analytics antara Fasilkom UI dan ITMS UniSA.

Bentuk kerjasama riset yang direncanakan antara lain joint workshop/seminars untuk akademisi dan institusi, joint research project, joint application mengenai hibah penelitian, joint supervision untuk mahasiswa Doktoral (S3), kolaborasi program pendidikan, kolaborasi program pelatihan, serta kegiatan lainnya yang dianggap bermanfaat bagi pendidikan dan penelitian di bidang Big Data Analytics.

Kerjasama ini diharapkan dapat menjembatani dan memotivasi para peneliti dalam bidang Big Data Analytics ataupun bidang teknologi informasi terutama peneliti-peneliti di Fasilkom UI dan ITMS UniSA untuk menghasilkan aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat di Indonesia dan di Australia.

Kontak

Hubungan Masyarakat (Humas)

Fakultas Ilmu Komputer

Universitas Indonesia

humasfasilkom@cs.ui.ac.id