Promosi Doktor Ilmu Komputer – Devi Fitrianah

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Ilmu Komputer – Devi Fitrianah

Pada hari Senin, 29 Juni 2015, Fakultas Ilmu Komputer UI mengadakan sebuah sidang terbuka untuk penganugerahan gelar Doktor Ilmu Komputer pada Devi Fitrianah. Sidang yang diadakan di Aula Gedung B Fasilkom UI ini digelar untuk menguji disertasi Devi yang berjudul “Algoritma Clustering Spatio-Temporal Berbasis Density-Cube (IMSTAGRID) dan Aplikasinya dalam Identifikasi Area Potensial Penangkapan Ikan Tuna di Perairan Indonesia”.

Penelitian Devi berangkat dari fakta dimana penyimpanan dan penyajian data mengalami banyak kemajuan oleh karena adanya transaksi multi dimensi data seperti aplikasi berbasis nirkabel, teknologi inderaja, dan sebagainya. Perkembangan teknologi informasi ini menghasilkan banyak repository data spatio-temporal. Salah satu pendekatan untuk penggalian data spatio-temporal adalah dengan clustering dimana data objek dianalisis tanpa mengetahui label dari kelasnya. Lewat penelitiannya, Devi mengusulkan algoritma Improved Statio-Temporal Grid Density Based Clustering (IMSTAGRID), yaitu sebuah algoritma clustering spatio-temporal yang diadaptasi dari algoritma clustering untuk data berdimensi banyak. Algoritma yang diusulkan ini diimplementasikan dalam usaha klasifikasi dan prediksi area potensial tangkapan ikan tuna berdasarkan data tangkapan ikan tuna harian. Penelitian ini memberikan ground truth mengenai kondisi tangkapan di laut dan menghasilkan label area penangkapan ikan tuna. Hasil penelitian akan dapat digunakan dalam penentuan area potensial tangkapan ikan tuna.

Sidang ini dipimpin oleh Mirna Adriani, Ph.D. dan mengundang sejumlah nama sebagai penguji, yaitu Prof. Belawati H. Widjaja, Ph.D., Dr. Jonson Lumban Gaol, Hisar Maruli Manurung, Ph.D., Yudho Giri Sucahyo, Ph.D., dan M. Ivan Fanany, Ph.D. Selain itu, sidang juga dihadiri oleh promotor dan ko-promotor disertasi tersebut, yaitu Prof. Dr. Aniati Murni dan Dr. A. Nizar Hidayanto. Disertasi ini mendapatkan nilai sangat memuaskan, dan gelar Doktor Ilmu Komputer pun diberikan pada Dr. Devi Fitrianah sebagai lulusan ke-45 dari program doktor Fasilkom UI. (SA)

Leave a Reply