Promosi Doktor Ilmu Komputer UI – Dr. Lukman

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Ilmu Komputer UI – Dr. Lukman

Senin (25/5), Fasilkom UI menyelenggarakan acara Promosi Doktor Ilmu Komputer dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Ilmu Komputer kepada Lukman. Acara dilaksanakan di Auditorium Fasilkom UI dengan judul disertasi “Model Manajemen Pengetahuan, Arsitektur dan Faktor Penentu Keberhasilan Pengelolaan Sumber Daya Genetik dan Pengetahuan Tradisional”.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen pengetahuan yang disebut I-Grest (Indonesian Genetic Resources and Traditional Knowledge). Model pengelolaan pengetahuan I-Grest dibangun menggunakan soft system methodology. Dalam rangka menganalisis kebutuhan spesifik terkait sistem informasi, I-Grest menggunakan pendekatan arsitektur berupa TOGAF Architecture Frameworks. Sedangkan standar metadata, alat, layanan dan aplikasi untuk membangun arsitektur dari model yang telah dikembangkan, I-Grest menggunakan pendekatan biodiversity informatics. Prototipe model I-Grest dikembangkan menggunakan faktor penentu keberhasilan yaitu dengan pendekatan metode shannon entropy. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat 23 faktor penentu keberhasilan yang dikelompokkan ke dalam 4 aspek yaitu organisasi, individu, kapabilitas dan kinerja. Dari 23 faktor tersebut terdapat 3 faktor yang paling dominan, yaitu (1) keamanan data, koneksi dan jaringan, (2) teknologi, fungsi dan database I-Grest, dan (3) sumber daya manusia pengelola I-Grest.

Sidang ini diketuai oleh Prof. Belawati H. Widjaja, Ph.D. Bertindak sebagi promotor yakni Prof. Dr. Aniati Murni Arymurthy dan ko-promotor Dana Indra Sensuse, Ph.D. Turut menghadirkan penguji yaitu Prof. Dr. Engkos K. Natakusumah, Dr. Eko K. Budiardjo, Yudho Giri Sucahyo, Ph.D., Dr. Indra Budi, dan Dr, A. Nizar Hidayanto. Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik dan mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke-40 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan kepada Dr. Lukman.

Leave a Reply