Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Agus Widodo

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Agus Widodo

Selasa (9/12), Fasilkom UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan Doktor Ilmu Komputer kepada Agus Widodo. Acara dilaksanakan di Ruang Rapat Besar Fasilkom UI dengan judul disertasi “Prediksi Area Riset Dengan Pendekatan Kernel Based Ensemble“.

Peneliti meyakini bahwa pendekatan ensemble yang menggabungkan hasil prediksi, teknik prediksi atau presentasi data, dapat meningkatkan akurasi prediksi yaitu dengan memanfaatkan MKL. MKL (Multiple Kernel Learning) merupakan suatu teknik ensemble melalui penggabungan kernel yang menggunakan teknik machine learning, yakni Support Vector Machine (SVM) sebagai classifier atau prediktor. Dalam penelitian ini, MKL dimanfaatkan untuk  menggabungkan fitur data times series berupa sliding windows kemudian diterapkan pada multiple kernel. Selain itu, peneliti juga mengajukan penggunaan data historis sebagai pengganti training dataset dalam memilih model prediksi yang sesuai dengan karakteristik time series dengan alasan setiap model prediksi memiliki kelebihan dan keterbatasan dalam memprediksi data time series yang jenisnya beragam. Melalui penelitian ini diharapkan dapat membantu penentu kebijakan dalam memutuskan kebijakan prioritas riset dan alokasi sumberdaya penelitian di masa yang akan datang.

Sidang promosi ini diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D., sedangkan Prof. Belawati H. Widjaja bertindak sebagai promotor dan Dr. Indra Budi sebagai ko-promotor. Selain itu, turut mengundang juga Dr. Eng. Anto Satrio Nugroho, Hisar Maruli Manurung, Ph.D., M. Ivan Fanany, Ph.D., Dr. Eko Kuswardono Budiardjo dan Yudho Giri Sucahyo, Ph.D. sebagai tim penguji. Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium sangat memuaskan, yakni 3.93. Sebagai lulusan ke-35 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan kepada Dr. Agus Widodo.

Leave a Reply