Seminar Reboan: Rapid-Fire Business Intelligence (Tableau)

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Seminar Reboan: Rapid-Fire Business Intelligence (Tableau)

Pada hari Rabu, 23 April 2014, Fasilkom UI kembali menghadirkan salah satu alumninya, Nadia Alatas, di Aula Gedung B untuk menjadi pembicara pada Seminar Reboan. Nadia, yang kini menjabat sebagai direktur dari PT Cybertrend Intrabuana Indonesia (CII), kali ini membahas tentang Rapid-Fire Business Intelligence sebagai isu utama, dengan Tableau sebagai aplikasi yang dipromosikan. PT CII memang merupakan partner utama Tableau di Indonesia.

Sebelum memaparkan tentang Tableau, Nadia terlebih dahulu menjelaskan kepada peserta seminar tentang pentingnya business intelligence pada hari-hari ini. Dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi, business intelligence menolong masyarakat untuk mengetahui mengapa suatu fenomena ekonomi terjadi dan mengapa itu harus terjadi. Dengan demikian, masyarakat, khususnya pelaku bisnis, dapat menentukan bagaimana harus meresponi sebuah fenomena ekonomi. Salah satu bentuk penerapan business intelligence dalam dunia IT adalah kehadiran aplikasi Tableau.

Tableu adalah sebuah aplikasi yang memberikan pelayanan analisa data kepada penggunanya. Perkembangan peradaban yang pesat mengakibatkan berlimpahnya data tentang berbagai hal dan kejadian di dunia. Dari data-data tersebut, menurut Nadia, ada banyak sekali informasi bermanfaat yang dapat diambil. Tableau menolong penggunanya untuk menganalisa data-data yang ada dan merepresentasikannya dalam bentuk grafik, tabel, dan bentuk visual lain agar menjadi lebih mudah dimengerti. Tableau mampu menganalisa hingga jutaan data yang berasal dari berbagai sumber, seperti database, big data, servers, cloud, dan sebagainya. Tidak hanya itu, Tableau juga tersedia untuk iOS, Android, dan operation system lainnya. Tableau juga hadir dalam tiga bentuk untuk menjangkau berbagai kebutuhan; Tableau Desktop untuk pengguna umum, Tableau Server untuk badan organisasi, dan Tableau Public untuk website umum. Dengan kemudahan penggunaaan dan kecepatan pemrosesan datanya, Tableau menjadi salah satu aplikasi self-service yang paling fleksibel dan mudah digunakan oleh masyarakat.

Tidak hanya pemaparan mengenai deskripsi dan fungsinya, Nadia juga menampilkan demonstrasi langsung penggunaan Tableau kepada peserta seminar. Minat dan antusiasme peserta ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Nadia mengenai aplikasi tersebut. Sebagai penutup seminar, Nadia menyampaikan bahwa Tableau Desktop dapat di-install secara gratis untuk semua mahasiswa selama 1 tahun. (SA)

Leave a Reply