Seminar Reboan: Profesi Sistem Informasi dan Kompetensinya

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Seminar Reboan: Profesi Sistem Informasi dan Kompetensinya

Asean Economic Community (AEC) yang direncanakan terbentuk tahun 2015, memaksa pemerintah segera melakukan pembenahan di berbagai bidang. Salah satunya di bidang pendidikan. Cara yang dianggap penting adalah meningkatkan keahlian (skill) tenaga kerja. Melalui sesi Seminar Reboan (7/5), Fasilkom UI berkesempatan memberikan penjelasan terkait profesi dan kompetensi Sistem Informasi di dalam organisasi atau industri. Bersama pembicara Riri Satria, CEO Value Alignment Advisory PT. Solusi Inovasi Dayaguna, Seminar Reboan mengusung tema “Profesi Sistem Informasi dan Kompetensinya”.

Saat ini, salah satu profesi yang masih dianggap membingungkan adalah profesi dibidang Sistem Informasi. Menurut Turban dalam bukunya “Information Technology Management,  Sistem Informasi merupakan bidang yang memandang sebuah lingkungan menjadi tiga hal yaitu organization, people dan technology.  Dan menurut Kenneth Laudon, Sistem Informasi merupakan sebuah aplikasi yang terdiri dari tiga komponen yaitu data management, hardware dan telecommunication. Sedangkan menurut Ralph Stair, Sistem Informasi merupakan sebuah business process. Dari ketiga teori fundamental tersebut Riri menyimpulkan bahwa Sistem Informasi adalah penjembatan antara isu teknologi dengan kebutuhan market meliputi isu bisnis dan isu sosial.

Kompetensi dari profesi Sistem Informasi yaitu bertanggung jawab terhadap knowledge dan informasi yang ada, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk membangun sinergi dan memberikan nilai tambah (value added) bagi organisasi. Sinergi tersebut meliputi teknologi, data/informasi, bisnis dan sosial. Ada tiga hal kompetensi di dalam suatu profesi yaitu understand, able to develop/execute, dan able to do some innovation.

Sebagai penutup seminar, Riri mengajak peserta untuk mulai membangun teknologi yang cerdas dengan memanfaatkan pengetahuan di bidang Sistem Informasi. “Sistem Informasi itu sebuah disiplin ilmu yang complicated namun menjadi orang yang berani membangun sinergi dan memanfaatkannya, itu yang paling penting”, ujar Riri. (ip/ph)

Leave a Reply