Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Yaya Heryadi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Yaya Heryadi

Selasa (6/5), Fasilkom UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan Doktor Ilmu Komputer kepada Yaya Heryadi. Acara dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB di AULA Fasilkom UI dengan judul disertasi “A Unified Method for Dance Motion Recognition and Scoring using Two-Layer Classifier Based on Conditional Random Field and Stochastic Error-Correcting Context-Free Grammar”.

Dalam riset ini, permasalahan utama peneliti adalah bagaimana cara mengenali gerak tari dari sebuah video kemudian mampu menangkap koreografi berdasarkan urutan tari sehingga dapat memberikan penilaian (score) terhadap gerak tari tersebut. Dan dalam penelitiannya, peneliti mengusulkan dua langkah kerangka kerja untuk dapat menyatukan pengenalan gerak tari dan scoring. (1) Dengan menggunakan conditional random field, peneliti beranggapan akan dapat menangkap interaksi non-lokal dalam segmentasi dan pelabelan gerak tari dari sebuah video robust. (2) Memasukkan knowledge dari ahli tari secara mudah dalam tata bahasa koreografi menggunakan context-free grammar. Sistem grammar ini juga mampu melokalisasi letak kesalahan dari urutan gerak tari. Hasil dari penelitian, selanjutnya akan diujikan kedalam koreografi tari Pendet.

Sidang promosi ini diketuai oleh Prof. Belawati H. Widjaja, Dra, M.Sc., Ph.D. Bertindak sebagai promotor yaitu Prof. Aniati Murni Arymurthy , Ir, M.Sc, Dr. dan Mohamad Ivan Fanany, Ph.D. sebagai ko-promotor. Kemudian turut menghadirkan penguji Dr. Eng. Anto Satryo Nugroho, Mirna Adriani, Ph.D. , Dana Indra Sensuse, Ph.D. , Hisar Maruli Manurung, Ph.D. dan Wahyu C. Wibowo, Ph.D. Hasil disertasi dipresentasi dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan, yakni 3.84. Sebagai lulusan ke-31 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer  dianugerahkan kepada Dr. Yaya Heryadi. (ip)

Leave a Reply