Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Sani M. Isa

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Sani M. Isa

Pada tanggal 6 Mei 2014, sidang terbuka untuk penganugerahan gelar Doktor bidang Ilmu Komputer digelar di Aula Fakultas Ilmu Komputer UI. Sani M. Isa mempresentasikan disertasinya yang berjudul “2D dan 3D Set Partitioning in Hierarchical Tree (SPIHT) untuk Kompresi Data Electrocardiogram Multilead”.

Latar belakang dibuatnya penelitian ini adalah tingginya angka kematian karena penyakit kardiovaskular di Indonesia dan Asia Tenggara. Hal ini menjadi semakin pelik dengan minimnya jumlah dokter spesialis jantung di Indonesia. Sebuah teknologi bernama telecardiology telah dikembangkan untuk memungkinkan dokter melakukan monitoring kesehatan pasien dari jarak jauh. Dengan mentransmisikan sinyal electrocardiography (ECG) pasien secara elektronik kepada dokter, teknologi ini menjadi solusi dari minimnya akses kepada layanan kesehatan jantung bagi penduduk Indonesia, terutama yang berada di wilayah pelosok. Sayangnya, teknologi ini masih terkendala di besarnya ukuran data sinyal ECG, yaitu sebesar 1,55 Giga byte untuk perekaman 1×24 jam, sementara proses diagnosis dan monitoring seringkali membutuhkan perekaman sinyal ECG lebih dari 24 jam. Melalui disertasi ini, Sani mengusulkan sebuah rancangan metode kompresi sinyal ECG multilead yang mendukung transmisi secara progresif dengan memanfaatkan metode 2D dan 3D Set Partitioning in Hierarchical Tree (SPIHT). Transmisi secara progresif memungkinkan transfer data dilakukan secara iterative; transmisi data dengan kualitas rendah terdahulu untuk kemudian diikuti oleh bagian data berikutnya akan meningkatkan kualitas data yang sudah diterima pada iterasi sebelumnya. Dengan transmisi secara progresif, pengguna di sisi penerima data dapat segera melihat bentuk data yang dikirimkan tanpa menunggu seluruh data selesai dikirimkan.

Dra. Mirna Adriani, Ph.D. menjadi  Ketua Sidang Promosi Doktor kali ini , dengan Prof. Dr. Ir. Aniati Murni Arimurthy, M.Sc. sebagai promotor dan Wisnu Jatmiko, Dr.Eng. sebagai ko-promotor. Tim penguji terdiri dari Prof. T. Basaruddin, Dr.Eng. Anto Satryo Nugroho, Prof. Dr.dr. Bambang Budi Siswanto, Sp.Jp, M. Fanany, S.Si, M.Kom, Ph,D., dan Hisar Maruli Manurung, S.Kom., Ph.D. Yudisium sempurna, yaitu 4,00, dianugerahkan kepada Sani atas disertasi ini. Peneliti dianggap memiliki cara belajar yang cepat dan tanggap hingga disertasi yang dibuat dapat memuaskan panelis sidang. Gelar Doktor Ilmu Komputer pun dianugerahkan oleh Fasilkom kepada Dr. Sani M. Isa. “Saya bangga karena berkesempatan untuk mengenal dan bekerjasama dengan Sani M. Isa,” ungkap promotor sidang, Prof. Dr. Aniati Murni. (SA)

Leave a Reply