Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Herwanto

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Herwanto

Kamis, 3 Februari 2014 Fasilkom UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan gelar Doktor bidang Ilmu Komputer kepada Herwanto. Acara dilaksanakan di Aula Fasilkom UI dengan judul disertasi “Sistem Pengenalan Pola Citra Mammogram, Data Individu dan Patologi untuk Identifikasi Penyakit Kanker Payudara”.

Dalam riset ini, peneliti membahas tentang metode segmentasi dan analisis citra mammogram secara otomatis untuk klarifikasi kanker payudara jinak atau ganas. Pemilihan kandidat dilakukan melalui 2 fase: (1) menandai area yang diduga dengan menggunakan teknik pengembangan adaptif dan menandai komponen terhubung; (2) melakukan ekstraksi fitur menggunakan fitur statistik orde pertama, Grey Level Co-occurrence Matrices (GLCM), dan Grey Level Run Length Matrices (GLRLM). Algoritma klarifikasi berbasis association digunakan untuk mengklarifikasi massa dan non massa. Aplikasi menggunakan citra mammogram sebagai masukan dan menampilkan area yang diduga sebagai massa dan menganalisis batas tepi massa. Informasi ini yang kemudian digunakan oleh dokter untuk membantu mengklarifikasi jenis tumor. Berdasarkan penelitian, algoritma yang dikembangkan mampu melokalisir area yang diduga sebagai massa dan mempu menganalisis bentuk dan batas tepi massa pada mammogram.

Sidang promosi ini diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D. Bertindak sebagai promotor yaitu Prof. Dr. Ir. Aniati Murni Arymurthy, M.Sc. dan ko-promotor Dr. drg. Indang Trihandini, M.Kes. Kemudian turut menghadirkan penguji Prof. Belawati H. Widjaya, Ph.D., Dr.Eng. Wisnu Jatmiko, Hisar Maruli Manurung, Ph.D., M. Ivan Fanany, Ph.D., dr. Fery Moertopo, Sp.Rad. Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan, yakni 3.45. Sebagai lulusan Doktor ke-29 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan kepada Dr. Herwanto. (IP)