Seminar: Signal Processing in Passive Multistatic Radar System (MRS)

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Seminar: Signal Processing in Passive Multistatic Radar System (MRS)

Rabu (5/2), Fasilkom UI menyelenggarakan Seminar dengan pembicara Jan Pidanic. Beliau adalah seorang pengajar dan peneliti dari Fakultas Engineering and informatics, University of Pardubice, Crezh Republic. Bertempat di Ruang Rapat Besar Fasilkom UI, seminar mengusung topik Signal Processing in Passive Multistatic Radar System (MRS).

Dalam penelitiannya, Jan melakukan analisa dan membandingkan metode komputasi CAF dan Graphics Processing Unit (GPU) pada konfigurasi hardware yang berbeda. Komputasi CAF merupakan fungsi utama dalam suksesnya pelacakan lokasi untuk passive radar system . Selanjutnya membandingkan efisiensi komputasi dan kecepatan dari metode CAF pada GPU hardware dalam persamaan single atau multi-Core PC workstation. Hasilnya akan menunjukkan tingginya faktor speed-up yang menggunakan GPU untuk semua metode CAF. Pada penelitian berikutnya Jan memfokuskan pada signal processing dalam sistem radar multistatic yang terjadi karena beberapa radar bistatic independen menerima signal yang tersebar dari beberapa target yang bergerak. Himpunan algoritma programming dan optimisasi pada komputasi speed-up dengan teknik programming paralel merupakan tujuan akhir dari penelitian ini.

Selain menjelaskan tentang penelitiannya, Jan Pidanic juga berbagi kesempatan kepada peserta seminar mengenai University of Pardubice. Besar harapan Jan agar Fasilkom UI dapat menjalin kerjasama baik dalam penelitiaan maupun pendidikan dengan University of Pardubice.

Leave a Reply