Seminar: Fundamentals of Information Systems Management

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Seminar: Fundamentals of Information Systems Management

Selasa (12/11) Fasilkom UI menghadirkan sesi seminar bersama Dr. Shanton Chang dari University of Melbourne. Pada seminar tersebut Dr. Chang berbagi pengetahuan sekaligus hasil risetnya terhadap dunia manajemen sistem informasi terutama media sosial. Berangkat dari konteks praktek Sistem Informasi dan dampak Teknologi Informasi dalam organisasi, Dr Chang menjelaskan seminar dengan topik Fundamentals of Information Systems Management.

Saat ini semua lapisan masyarakat dan organisasi di dunia dapat merasakan dampak dari teknologi informasi yang berkembang sangat pesat. Dengan demikian pembelajaran tentang sistem informasi menjadi sangat penting karena berkaitan dengan penggunaan secara efektif terhadap IT oleh masyarakat dan organisasi. Konsep-konsep penting yang ditawarkan oleh sistem informasi antara lain adalah bagaimana TI dapat meningkatkan daya saing, bisnis dan keselarasan TI, memperbaiki tata kelola TI dan manajemen. Salah satu sistem yang dapat digunakan dan menghasilkan informasi yang banyak dalam waktu singkat adalah media sosial.

Media sosial merupakan salah satu pilihan perkembangan teknologi yang sangat baik untuk dapat menjangkau semua kalangan dalam waktu yang bersamaan. Dampak yang dapat dirasakan oleh organisasi berkaitan erat dengan relasi perusahaan, komunikasi dan client. Oleh karena itulah ada banyak hal yang harus diperhatikan dari sisi media sosial untuk mencegah adanya spy yang berdampak buruk bagi organisasi. Adapun setiap organisasi perlu melakukan aturan untuk mencegah resiko buruk dari penggunaan media sosial yaitu membuat policy terhadap semua bentuk penggunaan media sosial dan memberikan bimbingan (education, responsibility, attitude). Dengan demikian akan menciptakan benteng bagi penggunaan media sosial baik dari dalam mupun luar organisasi.

Sebagai penutup seminar, Dr. Chang mengajak peserta seminar agar benar-benar menggunakan media sosial dengan aman dan baik. Sehingga semua data yang dihasilkan dapat dipergunakan kembali oleh pengembang atau periset untuk menciptakan Teknologi Informasi yang lebih baik lagi. (IP)

Leave a Reply