Mirna Adriani, Ph.D.

Dekan Fasilkom UI periode tahun 2013-2020 (m. 2020)

Biografi

Almarhumah Mirna Adriani lahir di Magelang, 23 Desember 1961 dan tutup usia pada umur 58 tahun di Jakarta, 15 Juli 2020. Almarhumah memperoleh gelar B.Sc. dari Calfornia State University, Pomona, Calinfornia, USA pada tahun 1989 dan Ph.D dari Glasgow University, Glasgow, Scotland, UK pada tahun 2000.

Almarhumah menjabat sebagai Dekan Fasilkom UI selama dua periode, mulai dari tahun 2013-2017 dan 2017 sampai dengan waktu berpulangnya almarhumah. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Wakil Dekan bidang Pendidikan dan Penelitian Fasilkom UI pada tahun 2008-2013.

Selama menjabat sebagai Dekan Fasilkom UI, beliau banyak menginisiasi program kerjasama bidang pendidikan dan penelitian dengan universitas dan institusi ternama di dalam dan luar negeri. Di antaranya, almarhumah menginisiasi lahirnya Tokopedia – UI Artificial Intelligence Center of Excellence yang diresmikan pada tahun 2019. Tokopedia – UI AI Center of Excellence ini merupakan pusat pengembangan artificial intelligence (AI) pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi super komputer deep learning dari NVIDIA, NVIDIA® DGX-1.

Dalam bidang keilmuannya, almarhumah tercatat sebagai insiator dan pengelola Lab Information Retrieval di Fasilkom UI semenjak tahun 2006. Di samping itu, beliau juga aktif menjabat sebagai Dewan Pembina Indonesia Association of Computational Lunguistics pada tahun 2016-2018. Pada tahun 2020 ini, beliau berperan aktif dalam penyusunan kebijakan strategi nasional artificial intelligence sebagai Ketua Pokja Pengembangan Talenta Artificial Intelligence.

Atas pengabdiannya sebagai dosen di Indonesia, almarhumah menerima penghargaan Makara Dharma Bhakti. Selain itu, almarhumah juga meraih penghargaan Yuwono Sudarsono Award sebagai UI Best Researcher pada tahun 2007.

Pendidikan

  • Ph.D. (University of Glasgow)
  • B.Sc. (Calfornia State University)
  • Drs. (Universitas Indonesia)