MOOC Fasilkom UI

Pada semester gasal 2022/2023, Fasilkom UI menawarkan 5 mata kuliah massive open online course (MOOC) dalam bidang ilmu komputer dan sistem informasi yang tersedia untuk peserta pendidikan perguruan tinggi pada jenjang sarjana.

Pengumuman Terbaru

Pengumuman Terkait MOOC

Jika Anda sudah mendaftar ke salah satu MOOC, mohon pastikan Anda senantiasa memantau perkembangan dan berita terkini yang akan disampaikan melalui halaman ini.

  • Pendaftaran untuk MOOC Manajemen Infrastruktur TI; System Programming; Distributed Systems; Technopreneurship; dan Dasar-Dasar Audit Sistem Informasi telah dibuka. Mohon menunggu untuk pengumuman peserta yang diterima. (9/9/2022)

Mata Kuliah Program Sarjana

Manajemen Arsitektur TI

Pengajar: Ari Wibisono, M.Kom.

Untuk mendukung perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya dibutuhkan efektivitas dari proses TI dan segala sumber daya yang digunakan. Namun, bagaimana cara mencapai hal tersebut? digunakan. Namun, bagaimana cara mencapai hal tersebut? Melalui course ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan mengenai manajemen infrastruktur software dan hardware. Kamu juga dapat memahami tentang sistem DevOps yang sangat berguna dalam pengembangan teknologi. Selain itu, masih banyak topik menarik lainnya seputar manajemen infrastruktur TI yang akan dipelajari.

  • Kredit: 3 SKS
  • Periode Pembelajaran: Oktober - Desember 2022
  • Biaya: GRATIS

System Programming

Pengajar: Ari Wibisono, M.Kom.

Dalam menggunakan komputer, dibutuhkan sistem operasi agar komputer tersebut dapat dijalankan dan digunakan. Namun, apakah kamu mengetahui konsep sistem operasi yang kamu gunakan? Melalui course ini, kamu akan diperkenalkan dengan berbagai lapisan implementasi dari sistem operasi, seperti manajemen proses, sistem file, IPC, soket jaringan, dan struktur kernel. Kamu juga akan dapat merancang, memodifikasi, dan mengimplementasikan komponen sistem operasi dengan ilmu yang didapatkan dari course ini.

  • Kredit: 3 SKS
  • Periode Pembelajaran: Oktober - Desember 2022
  • Biaya: GRATIS

Distributed Systems

Pengajar: Muhammad Hafizhuddin Hilman, Ph.D.

Apakah kamu pernah mendengar kehebohan yang terjadi ketika banyak investor Bitcoin kehilangan harta kekayaan manakala valuasi kripto-nya anjlok? Apakah kamu pernah mendengar tentang Blockchain yang menjadi platform dari aset dan transaksi berbasis kripto seperti Bitcoin? Mata kuliah ini memperkenalkan prinsip dasar dari sistem terdistribusi yang merupakan tulang punggung dari teknologi Blockchain. Materi pembelajaran akan fokus kepada pembahasan masalah utama sistem terdistribusi seperti Two Generals Problems dan algoritma yang dikembangkan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Mahasiswa akan dibekali dengan pemahaman terhadap aplikasi yang menggunakan sistem terdistribusi seperti message brokering system, real-time systems, collaboration tools berbasis conflict-free replicated data type (CRDT), dan cryptocurrency. Setiap peserta yang mendaftar pada mata kuliah ini akan mendapatkan kupon senilai US$100/IDR 1.5 juta untuk mengakses layanan cloud sebagai bagian dari sesi lab dan tugas yang diberikan.

  • Kredit: 3 SKS
  • Periode Pembelajaran: Oktober - Desember 2022
  • Biaya: Rp400.000 untuk 3 SKS

Dasar-Dasar Audit Sistem Informasi

Pengajar: Heri Kurniawan, M.Kom., CISA & Lintang Matahari Hasani, M.Kom.

Pada Tahun 2016 silam, dunia dikejutkan dengan terjadinya peristiwa pembobolan Bangladesh Bank yang menyebabkan kerugian hingga 101 juta Dolar AS. Berdasarkan invesrtigasi, hal tersebut dapat terjadi salah satunya karena terdapatnya celah-celah keamanan pada sistem informasi yang diimplementasikan. Anda dapat mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengevaluasi celah-celah keamanan pada sistem informasi seperti pada kasus tersebut dengan mengikuti perkuliahan Dasar-Dasar Audit Sistem Informasi (DDASI). Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan dibekali dengan konsep dasar, metode, dan berbagai contoh auditing pada konteks sistem informasi. Mahasiswa juga akan diperkenalkan dengan auditing yang mencakup aspek teknis seperti basis data, sistem operasi, pusat data, aplikasi, cloud computing, infrastruktur jaringan, dan keamanan informasi hingga auditing aspek organisasional seperti tata kelola teknologi informasi, proyek teknologi informasi, dan keberlanjutan bisnis.

  • Kredit: 3 SKS
  • Periode Pembelajaran: Oktober - Desember 2022
  • Biaya: Rp400.000 per SKS

Jaringan Komputer

Pengajar: Bayu Anggorojati, Ph.D.
Kemajuan perkembangan teknologi informasi, perlu didukung oleh infrastruktur penunjang yang memadai. Salah satu infrastuktur teknologi informasi yang memiliki peran penting adalah teknologi jaringan. Akan tetapi, dengan semakin meluasnya jaringan internet yang membuat jaringan seolah menjadi sebuah kebutuhan dasar yang saat ini mudah didapatkan, membuat kebanyakan dari kita tidak menyadari peran teknologi jaringan tersebut. Apa sih sebenarnya peran dari teknologi jaringan dan bagaimana sesungguhnya jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar beberapa pihak yang tersebar di berbagai belahan dunia dan dalam jumlah yang besar? Apa saja komponen penyusun jaringan komputer agar hal tersebut dapat terwujud? Melalui MOOC ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan baik secara teori dan praktis terkait komponen-komponen dasar penyusun jaringan komputer, mulai dari level aplikasi, transmisi data, penentuan jalur pengiriman data hingga aspek keamanan jaringan. Sebagai penunjang pembelajaran, kamu akan memperoleh kupon senilai US$ 50 untuk mengakses layanan cloud yang akan digunakan pada sesi lab atau tugas nantinya.
  • Kredit: 4 SKS
  • Periode Pembelajaran: 3 Oktober - 30 Desember 2022
  • Biaya: GRATIS

Technopreneurship

Pengajar: Dr. Panca Hadi Putra

MOOC Technopreneurship ini memberikan dasar untuk kewirausahaan teknologi dan studi lebih lanjut dalam bisnis digital. Penekanan MOOC ini adalah pada pemahaman konsep dasar dan karakteristik yang mungkin mempengaruhi keberhasilan usaha teknologi. MOOC ini antara lain akan membahas topik-topik seperti evaluasi peluang bisnis, visi dan model bisnis, strategi kompetitif dan inovasi, dan rencana bisnis. MOOC ini juga akan membahas isu-isu kritis dalam memulai usaha teknologi seperti presentasi rencana bisnis, pembentukan badan usaha, dan sumber modal. Banyak bagian dari MOOC ini akan melibatkan diskusi tentang atau studi kasus usaha teknologi yang sedang berkembang saat ini.

  • Kredit: 3 SKS
  • Periode Pembelajaran: 3 Oktober - 30 Desember 2022
  • Biaya: Rp400.000 untuk 3 SKS