Menghadapi Tantangan Pendidikan Vokasi dengan Konsep Pembelajaran Personalisasi

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Menghadapi Tantangan Pendidikan Vokasi dengan Konsep Pembelajaran Personalisasi

Depok, 3 Juli 2024. Pendidikan vokasi menempati peran vital dalam mempersiapkan mahasiswa untuk pasar kerja dengan cepat dan efektif. Namun, tantangan yang dihadapi tidaklah sedikit, terutama dalam mengakomodir keragaman mahasiswa dan menjaga relevansi pembelajaran praktis. Calon Doktor dari Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) Universitas Indonesia (UI), Rida Indah Fariani, mengajukan Disertasi dengan judul Personalisasi Pembelajaran Bauran Menggunakan Knowledge Graph Pada Pendidikan Tinggi Vokasi: Pengembangan, Implementasi, Dan Evaluasi Model. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) membangun model personalisasi pembelajaran bauran (p-PB), yakni model yang menggunakan konsep personalized learning dalam konteks kurikulum vokasi, yang bersifat serial dan diintegrasikan dengan model pembelajaran bauran; (2) membangun purwarupa sistem berdasarkan model; dan (3) mengukur dampak implementasi sistem, terhadap pembelajaran pada pendidikan tinggi vokasi.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah exploratory sequential mixed method, metodologi yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk memberikan pemahaman mendalam. Pendekatan kualitatif digunakan dalam studi literatur dan evaluasi model, sementara pendekatan kuantitatif melibatkan survei yang meliputi pembelajaran praktikum di pendidikan tinggi vokasi serta eksperimen dalam evaluasi implementasi sistem p-PB. Model p-PB yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari tiga komponen utama: model mahasiswa, model knowledge, dan model personalisasi. Mahasiswa diklasifikasikan berdasarkan tingkat pengetahuan mereka (dasar, menengah, lanjut) dan gaya belajar, dengan menggunakan teori Felder Silverman Learning Style Model (FSLSM).

Purwarupa sistem p-PB dikembangkan dengan metodologi SDLC, Metodologi SDLC (System Development Life Cycle) adalah pendekatan sistematis yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak atau sistem informasi. SDLC mengatur proses mulai dari perencanaan, analisis, desain, pengembangan, implementasi, hingga pemeliharaan sistem secara keseluruhan, sementara itu rekomendasi dan umpan balik yang diberikan menggunakan pendekatan knowledge-based, Knowledge direpresentasikan dengan menggunakan ontologi dan diimplementasikan dengan knowledge graph, dengan menggunakan knowledge graph, sistem dapat menelusuri jalur yang paling relevan dan efisien untuk memberikan rekomendasi learning object dan umpan balik yang dipersonalisasi.

Evaluasi terhadap purwarupa sistem p-PB dilakukan dengan metode eksperimen, berupa implementasi sistem dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Eksperimen dilakukan pada salah satu perguruan tinggi vokasi di Jakarta yakni Politeknik Astra. Studi ini dilakukan pada dua mata kuliah krusial: Pemrograman 1 dan Perancangan Proses Manufaktur. Hasil implementasi menunjukkan bahwa kelas eksperimen, secara signifikan mencatat pencapaian hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari 51 mahasiswa yang terlibat dalam kelas eksperimen, sistem p-PB mendapat respons positif dengan skor System Usability Scale (SUS) sebesar 74,36, mencerminkan tingkat kegunaan yang baik.

Selain itu, hasil wawancara dengan 12 mahasiswa mengungkapkan bahwa, sistem ini tidak hanya meningkatkan pemahaman akademis, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan antusiasme dalam belajar. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa penerapan sistem p-PB berpotensi memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar dan pengalaman belajar mahasiswa.

Temuan ini memberikan dasar kuat bagi institusi pendidikan lain untuk mempertimbangkan integrasi teknologi yang serupa. Dengan demikian, disertasi ini bukan sekadar sebuah eksperimen, tetapi juga langkah maju yang berpotensi mengubah sudut pandang pendidikan di masa depan.

Berkat penelitian berjudul “Personalisasi Pembelajaran Bauran Menggunakan Knowledge Graph pada Pendidikan Tinggi Vokasi: Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Model”, Rida berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Komputer pada sidang terbuka promosi Doktor Fasilkom UI. Rida berhasil mempertahankan disertasinya dan memperoleh predikat Cum Laude, IPK 4.00, dengan lama studi 7 semester.

Sidang promosi dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Eko Kuswardono Budiardjo, M.Sc, dengan promotor Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc., dan co-promotor Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Sementara para penguji terdiri Prof. Dr. Ir. Agus Buono, M.Si., M.Kom (IPB University), Prof. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom., Dr. R. Yugo Kartono Isal, M.Sc., dan Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom.