Fasilkom UI Resmikan Ruangan Baru Computer System Lab

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Fasilkom UI Resmikan Ruangan Baru Computer System Lab

Depok, 20 Mei 2024 – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) meresmikan kegiatan operasional salah satu laboratorium dan pusat penelitian Computer System Lab (CSL) pada 17 Mei 2024. Dosen sekaligus Lab Head CSL Fasilkom UI, Muhammad Hafizhuddin Hilman, Ph.D. mengatakan jika ruangan tersebut nantinya digunakan untuk beberapa kegiatan penelitian akademik yang ada di Fasilkom UI.

Ia juga menambahkan jika ada beberapa research flagship yang sedang di fokuskan CSL pada tahun 2024 antara lain, Media over QUIC; Smart Fog Computing Platform; GPU-Based HPC Resource Management; dan Multi-tenant Kubernetes Cluster. Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Fasilkom UI tersebut juga menegaskan bahwa CSL pastinya berkolaborasi dengan beberapa lab riset dan pusat kajian yang ada di fakultas demi menghasilkan produk maupun kajian terkini di bidang Computer Systems.

Mengenai Lab CSL, secara aktif berupaya mengembangkan protokol, algoritma, dan kerangka kerja generasi masa depan untuk Manajemen Big Data, Jaringan Komputer, Komputasi Kinerja Tinggi, dan Sistem Waktu Nyata. Lab CSL juga melakukan sinkronisasi secara harmonis dengan para ahli dari berbagai bidang ilmu komputer dan ilmuwan multidisiplin untuk menciptakan aplikasi dan platform yang berkontribusi terhadap kehidupan kemanusiaan yang lebih baik. Topik-topik penelitian terbaru dari CSL antara lain, Computer networks; Cloud computing; dan Big data infrastructure.

Kegiatan peresmian pembukaan ruangan baru lab CSL ini bertempat di Ruangan A520 lantai 5 Gedung Baru Fasilkom UI dengan dihadiri oleh Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Petrus Mursanto; Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Bapak Ari Saptawijaya, Ph.D; Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat, Bapak Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D; Dr. Erdefi Rakun; Bapak Amril Syalim, Ph.D., CISSP; Dr. Kurniawati Azizah; Bapak Made Harta Dwijaksara, Ph.D; beserta para anggota lab.