Bangun Ketaqwaan serta Kebersamaan, Fasilkom – Pusilkom UI Gelar Tarhib Ramadhan 1445 H

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Bangun Ketaqwaan serta Kebersamaan, Fasilkom – Pusilkom UI Gelar Tarhib Ramadhan 1445 H

Depok, 8 Maret 2024 – Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) dan Pusat Ilmu Komputer (Pusat Ilmu Komputer) Universitas Indonesia (UI) menggelar Tarhib Ramadhan 1445 H bertempat di Ruang Sidang Lantai Empat, Gedung Baru secara hybrid. Mengusung tema ‘Sinambung Membangun Ketaqwaan dan Kebersamaan Melalui Ramadhan’ diharapkan mampu memberikan amalan terbaik selama satu bulan menjalani ibadah puasa Ramadhan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Istilah tarhib dapat diartikan penyambutan bulan suci Ramadhan dengan penuh kegembiraan, hati yang terbuka serta persiapan ibadah yang lebih baik.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh perwakilan Ukhuwah dan Kajian Islam (FUKI) Fasilkom UI. Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., juga seraya membuka kegiatan Tarhib guna mengingatkan bahwa seluruh elemen yang ada di Fasilkom-Pusilkom UI untuk mampu saling menguatkan dalam kebersamaan di bulan suci Ramadhan. “Kebersamaan kita terutama di bulan yang suci ini adalah aset yang sangat berharga. Bulan Ramadhan memberikan kita peluang untuk tidak hanya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita, tapi juga saling mendukung serta memberi semangat satu sama lain dalam menjalankan ibadah puasa,” ungkap Dekan Mursanto.

Acara dilanjutkan dengan siraman rohani berupa tausiyah oleh Ustadz Agung Waspodo, S.E., MPP membahas soal penyambutan bulan suci Ramadhan, meningkatkan pengetahuan tentang bulan suci Ramadhan, dan keutamaanya. Masuk ke acara penutup para civitas Fasilkom-Pusilkom UI mengakhiri kegiatan dengan niat dan berdoa untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Acara Tarhib Ramadhan ini diikuti oleh seluruh civitas fakultas antara lain manajemen fakultas, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Tidak lupa Fasilkom UI selama bulan suci menggelar kegiatan ‘Surau Ramadhan’ yang dilaksanakan setelah ibadah sholat dzuhur berjamaah setiap minggunya dengan beberapa tema kajian muslimin/muslimah yang di isi oleh para dosen, ustadz, ustadzah antara lain, Prof. Heru Suhartanto; Prof. Wisnu Jatmiko; Bapak Adila Krisnadhi, Ph.D.; Ustadz. Ali Fikri, Lc., M.A.; dan Ustazah Imacik Diwan, Lc.

Rangkaian kegiatan Surau Ramadhan ditutup dengan agenda pada minggu terakhir dengan pembagian bingkisan hari raya Idul Fitri 1445 H kepada para tenaga kependidikan serta elemen civitas Fasilkom UI. Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., yang hadir ditengah kegiatan mengungkapkan rasa terima kasih kepada para civitas Fasilkom UI. “Atas nama civitas akademika Fasilkom UI, saya mengucapkan terima kasih kepada bapak-ibu semua yang telah bekerja dan membantu opersional proses bisnis yang ada di Fasilkom UI. Peran bapak-ibu sekalian serta kontribusinya sangat kami apresiasi sebagai pondasi yang kokoh atas semua capaian Fasilkom UI selama ini,” tutup Dekan Mursanto.