Dosen dan Mahasiswa Fasilkom UI Paparkan Inovasi AI Fakultas dalam Seminar Internasional

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Dosen dan Mahasiswa Fasilkom UI Paparkan Inovasi AI Fakultas dalam Seminar Internasional

Depok, 29 Februari 2024 – Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) sharing inovasi teknologi kecerdasan artifisial (AI) dalam seminar internasional yang diselenggarakan oleh UI Corpora, Fakultas Farmasi UI, Data Science Center, FMIPA UI, dan  perusahaan search engine asal Rusia, Yandex bertempat di Auditorium Gedung Pertamina Multidisplin, FMIPA UI. Melihat kedepan serta mempersiapkan masa depan teknologi AI, dosen sekaligus Kepala Computer Systems Lab, Muhammad Hafizhuddin Hilman, Ph.D. memberikan sesi pemaparan bidang High Performance Computing dan pengaruhnya terhadap pengembangan AI di Indonesia.

Sementara itu Oey Joshua, Bryan Tjandra, Nyoo Steven dan Amira Nisrina yang tergabung sebagai mahasiswa AI Innovation Team – RISTEK Fasilkom UI membagikan pengetahuannya tentang inovasi perancangan aplikasi berbasis AI untuk uji keselarasan dokumen legal perundang-undangan. Kegiatan yang diadakan oleh Fakultas Farmasi UI ini melibatkan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia berkolaborasi dengan Perusahaan IT internasional asal Rusia, Yandex.

Lebih lanjut kerja sama beberapa instansi yang telah menginisiasi forum pertukaran pengetahuan serta yaitu perwakilan pemerintah, akademisi dan industri. Kegiatan tersebut merupakan langkah kolaboratif UI dengan pemerintah dan industri dalam menyikapi kondisi pengetahuan di lanskap AI saat ini khususnya di Indonesia.

Dalam acara tersebut baik dari sektor pemerintahan, akademisi, dan industri tentunya saling memberikan pandangan, riset, hingga penerapannya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Farmasi UI, Prof. Dr. Arry Yanuar, M.Si., Apt; Vice President Strategy Yandex, Alexander Popovskiy; Director of AI Development Yandex, Alexander Krainov; dan Guru Besar FMIPA UI, Prof. Alhadi Bustamam, M.Kom., Ph.D.

##