Guru Besar Tetap Fasilkom UI Prof. Petrus Mursanto Bahas Reconfigurable Computing Sebagai Solusi Efisiensi Energi Menuju Komputasi Berkelanjutan

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Berita > Guru Besar Tetap Fasilkom UI Prof. Petrus Mursanto Bahas Reconfigurable Computing Sebagai Solusi Efisiensi Energi Menuju Komputasi Berkelanjutan

Depok, 13 Desember 2023 – Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Digital Systems and Lab, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) di Balai Sidang, Kampus UI Depok, Jawa Barat pada Rabu (13/12/2023). Dalam pidato pengukuhannya ia menyampaikan bahwa teknologi Reconfigurable Computing (RC) memiliki potensi kontribusi signifikan untuk mendukung perkembangan teknologi yang ramah lingkungan. Hal ini selaras dengan upaya menjaga keberlanjutan komputasi yang masih terus bertumbuh ke masa depan.

Pertumbuhan pesat data digital dan komputasi yang menyertainya membutuhkan pendekatan teknologi yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) terutama pada SDG ketujuh terkait akses terhadap energi yang terjangkau dan bersih. Lebih lanjut ia juga memberikan contoh seperti penggunaan Field-Programmable Gate Array (FPGA) sebagai salah satu bentuk RC, yang diprediksi bertumbuh 9% per tahun di pasar global menjelang tahun 2030. Pemanfaatan RC menjanjikan potensi penghematan energi yang signifikan dan konsistensi peningkatan performa yang sangat dibutuhkan pada era Big Data dan Kecerdasan Artifisial.

Sebagai sebuah langkah nyata untuk mewujudkannya Prof. Mursanto menegaskan bahwa industri dan pemerintah mampu mengadopsi RC sebagai sebuah solusi untuk mendorong efisiensi energi untuk membantu tercapainya komputasi yang berkelanjutan. “Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan dan penerapan RC. Kerja sama antar universitas, industri, dan pemerintahan dapat memperkuat ekosistem yang mendukung adopsi RC, dimana gilirannya akan mendorong efisiensi energi dan membantu mencapai tujuan komputasi yang berkelanjutan. Fakta bahwa RC menawarkan keunggulan tidak terbantahkan dan sebagai platform komputasi yang unggul harus dimanfaatkan sepenuhnya. Dengan tujuan agar bisa memastikan bahwa teknologi kita berkembang secara bertanggung jawab terhadap lingkungan,” ungkap Prof. Mursanto.

Dekan Fasilkom UI tersebut juga menambahkan bahwa dengan mengintegrasikan RC ke dalam sistem komputasi, pengguna akan dapat mencapai keseimbangan antara kebutuhan teknologi dan pelestarian alam. Prof. Mursanto menegaskan kembali, hal tersebut merupakan langkah maju dalam teknologi informasi, dimana efisiensi energi dan performa tinggi menjadi kunci penting bagi pertumbuhan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Prosesi pengukuhan Guru Besar dipimpin oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D., dan disiarkan secara virtual melalui kanal Youtube Universitas Indonesia dan UI Teve. Prof. Mursanto menyelesaikan pendidikan Sarjana bidang teknik elektro di Universitas Indonesia pada tahun 1992, kemudian melanjutkan pendidikan magisternya di University of Auckland, Department of Computer Science, Auckland – New Zealand (1999). Tahun 2007, ia meraih gelar Doktor Ilmu Komputer di Fasilkom UI, serta di tahun 2023 menyelesaikan program profesi Insinyur di Fakultas Teknik UI.

##