IWK Fasilkom UI dan FPsi UI Gelar Seminar Edukatif Pentingnya Pemanfaatan TIK dan Kompetensi Psikologi Bagi Masyarakat Berkebutuhan Khusus

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > News > IWK Fasilkom UI dan FPsi UI Gelar Seminar Edukatif Pentingnya Pemanfaatan TIK dan Kompetensi Psikologi Bagi Masyarakat Berkebutuhan Khusus

Depok, 29 September 2023 – Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) ke-37 dan Dies Natalis Fakultas Psikologi UI ke-63 sekaligus mempererat sinergi antara Fasilkom UI dan Fakultas Psikologi UI (FPsi), Ikatan Wanita Keluarga (IWK) Fasilkom UI dan FPsi UI menginisiasi kegiatan literasi sosial kepedulian kepada masyarakat berkebutuhan khusus melalui pemanfaatan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) serta meningkatkan bidang kompetensi psikologi yang bertempat di Aula Indro Suwandi lantai 2, Gedung Baru, Fasilkom UI. 

Ketua IWK Fasilkom UI, Ibu Dyah Prawitasari beserta Ketua IWK FPsi UI, Ibu Shanty dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat berkebutuhan khusus. Dalam kegiatan ini dosen dan peneliti aplikasi penerjemah bahasa isyarat bagi tuna rungu dan tuna wicara Fasilkom UI, Dr. Ir. Erdefi Rakun, M.Sc., membagikan ceritanya dalam mengembangkan platform digital bagi tuna rungu dan tuna wicara. 

Dekan Fasilkom UI, Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., mengatakan jika keselarasan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) merupakan hal yang selaras dengan menghadirkan solusi bagi para penyandang difabel. “Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) jadi bermanfaat dalam hal ini, menjadi hal yang aksesibel untuk digunakan para penyandang disabilitas khususnya para tunarungu. Hal ini sangat selaras dengan apa yang dimiliki kedua Fakultas dalam kegiatan kali ini,” Ungkap Dekan Mursanto.

Rangkaian acara dimulai dengan menghadirkan George Arif, S.Psi selaku alumni FPsi UI sekaligus sutradara film yang akan menampilkan karyanya berjudul ‘Joshua Tree’. Pemutaran film berdurasi 23 menit tersebut dilakukan dalam rangka untuk memotivasi masyarakat terkait semangat juang seorang penderita autisme yang mampu memberikan bukti bahwa memiliki keterbelakangan mental juga bisa memiliki semangat hidup dengan dukungan dari keluarga dan orang sekitar. 

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen; tenaga kependidikan; mahasiswa Fasilkom UI – FPsi UI serta masyarakat umum. Rangkaian acara juga ditutup dengan kegiatan diskusi publik sekaligus sesi tanya-jawab tentang masyarakat berkebutuhan khusus yang dipandu oleh Clara Handayani Salombe, S.Psi, M.Psi, sebagai moderator.